Azizah, Noor Laila (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif metode think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswi kelas VII MTs / Noor Laila Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Azizah Noor Laila. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswi Kelas VII MTs. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Moh. Khasairi M.Pd Kata Kunci Kooperatif Think-Pair-Share (TPS) berbicara MTs Pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di kelas VII MTs Nurul Ulum Malang masih bersifat monoton karena hanya melalui metode ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan masih sebatas pada papan dan kapur tulis saja sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mudah bosan. Untuk mengatasi kondisi tersebut diperlukan suatu metode alternatif di antaranya pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Think-Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan pembelajaran kooperatif metode TPS dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas VII MTs dan (2) proses peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode TPS pada siswi kelas VII MTs. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 24 siswi kelas VII MTs Nurul Ulum Malang. Data penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan pembelajaran kooperatif metode TPS dilakukan dengan menyiapkan RPP lembar observasi guru dan siswa dan rubrik penilaian keterampilan berbicara. Kemudian pelaksanaannya disesuaikan dengan RPP yang telah disusun. Penerapan metode TPS dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII MTs. Hal ini terbukti dari meningkatnya nilai rata-rata siswa sebelum dan setelah diterapkan metode TPS (pasca tindakan 67 25 siklus I 79 88 dan siklus II 84 25). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan disarankan bagi kepala sekolah hendaknya meningkatkan upayanya dalam memberikan motivasi kepada guru untuk perbaikan proses pembelajaran dengan memperkaya metode pembelajaran yang salah satunya melalui metode TPS. Bagi guru diharapkan memberikan variasi pada metode pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa terhadap materi sehingga kemampuan belajar siswa diharapkan dapat meningkat. Sedangkan untuk peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis agar menggunakan metode kooperatif jenis yang lain (TGT STAD dan Jigsaw) sehingga dapat memperkaya hasil penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |