Narendra, Fath Of (2010) Pengembangan media pembelajaran qira'ah dengan software swishmax untuk madrasah tsanawiyah / Fath Of Narendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Narendra Fath Of. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Qira ah dengan Software Swishmax untuk Madrasah Tsanawiyah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Hanik Mahliatussikah S.Ag. M.Hum. Kata kunci media pembelajaran Qira ah software Swishmax. Dalam mempelajari keterampilan berbahasa diperlukan variasi media untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan meminimalisir rasa jemu dan kebosanan siswa dalam belajar. Karena dengan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan membuat siswa lebih bersemangat dan senang dalam belajar. Swishmax mudah digunakan bahkan oleh anak kecil sekalipun dan telah banyak digunakan sampai ke seluruh dunia. Dari uraian di atas maka perlu dilakukan penelitian tentang pengembangan media pembelajaran yang bercirikan pembelajaran interaktif dengan software Swishmax sebagai salah satu alternatif dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang menarik dan menyenangkan pada maharoh Qira ah di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Tujuan penelitian secara umum adalah mengembangkan media pembelajaran Qira ah dengan software Swishmax untuk MTs. Tujuan khusus pengembangan adalah mendeskripsikan (1) rancangan media pembelajaran Qira ah dengan software Swishmax (2) validitas media pembelajaran Qira ah dengan software Swishmax dan (3) kelebihan dan kelemahan media pembelajaran Qira ah dengan software Swishmax. Rancangan penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (research and development) prosedural yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti yaitu (1) melakukan pengumpulan data atau informasi (2) mengembangkan draf atau produk awal (3) uji ahli kepada 2 ahli pembelajaran bahasa Arab (4) revisi produk awal (5) uji lapangan dan (6) penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Qira ah dengan software Swishmax yang telah tervalidasi. Media pembelajaran tersebut adalah sebuah media pembelajaran yang dirancang khusus untuk mata pelajaran bahasa Arab MTs kelas VIII dengan menggunakan software Swishmax akan tetapi ada pula software pendukung lainnya seperti Adobe photoshop 7.0 CorelDRAW Graphics Suite 12 Cool Edit Pro 2.0 dan Microsoft Office word 2007. Untuk memudahkan para pengguna dalam mengoperasikan media pembelajaran ini peneliti menyertakan Standar Operasional Produk (SOP) yang tersedia dalam satu file dengan format txt. SOP ini berisi langkah-langkah penggunaan media yang dapat menuntun para pengguna dalam mengoperasikan media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji ahli media diketahui tingkat validitas media pembelajaran yaitu 65%. Untuk hasil uji ahli materi produk pengembangan memiliki tingkat validitas 64%. Berarti media pembelajaran tersebut cukup layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan tingkat validitasnya i diadakan revisi terhadap media yaitu (1) memberi panduan program (2) menambah suara pada teks bacaan dan (3) membedakan font pada setiap tampilan halaman. Adapun revisi yang telah dilakukan terhadap materi yaitu (1) mengganti terjemahan mufradat dengan gambar/sinonim/antonim (2) menggunakan bahasa Arab pada semua tombol icon yang disajikan (3) memberikan instruksi untuk teks bacaan dan latihan (4) merevisi beberapa tulisan Arab dan (5) menambah jumlah variasi latihan. Media pembelajaran tersebut kemudian diujicobakan kepada siswa. Secara keseluruhan persentase penilaian yang didapat dari hasil jawaban siswa adalah 95%. Hal ini berarti media pembelajaran Qira ah dengan software Swishmax valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Bertolak dari hasil pengembangan dalam penelitian ini peneliti memberikan saran kepada para peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan materi dengan menambah jumlah tema dan melakukan uji coba produk pengembangan kepada subjek yang lebih luas dengan kurun waktu yang lebih lama sehingga didapatkan validitas media yang lebih optimal. ii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |