Fakhruddin, Agus Adib (2010) Peningkatan kemampuan membaca bahasa arab siswa kelas VIII dengan permainan kartu 'rangkai' di SMP plus hidayatul mubtadiin singosari Malang / Agus Adib Fakhruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing di sekolah tidak terlepas dari berbagai hambatan. Diantara hambatan hambatan tersebut adalah kurang inovatifnya guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Keterampilan mambaca atau qira ah adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam belajar bahasa. Namun realitasnya seringkali pembelajaran membaca menjadi aktivitas belajar yang menjenuhkan. Oleh karena itu perlu ada variasi dalam pembelajaran membaca salah satunya adalah dengan permainan kartu rangkai. Sehingga pembelajaran bisa menjadi aktivitas yang menantang dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan kartu Rangkai terhadap peningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singoisari Malang. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2008/2009 SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari Malang yang siswanya berjumlah 32. Data yang diperoleh berupa pelaksanaan pembelajaran dan nilai kemampuan membaca bahasa Arab siswa sebelum dan setelah siklus. Data tersebut diambil dengan cara observasi langsung di kelas. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah human instrumen (peneliti sendiri) dengan instrumen bantu berupa pedoman observasi dan lembar penilaian. Langkah-langkah yang ditempuh dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah (a) pengumpulan data dan pengecekan (b) reduksi data (c) penyajian data dan (d) penyimpulan. Dari hasil penelitian ini di ketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca bahasa Arab dengan permainan kartu Rangkai mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama siklus I diketahui bahwa banyak siswa tidak percaya diri dan mengalami kesulitan dalam membaca nyaring namun di akhir siklus diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca nyaring meningkat. Siswa juga merasa terbantu dalam memahami teks dengan teknik permainan kartu Rangkai ini hal itu terlihat pada sesi merangkai kalimat secara kompetisi dan menjawab kartu-kartu pertanyaan. Dari data yang didapatkan diketahui bahwa kemampuan siswa membaca nyaring pada aspek makhraj mengalami peningkatan 13 4% pada siklus I dan 18 55% pada siklus II. Pada aspek intonasi mengalami peningkatan 17% pada siklus I dan 19 19% pada siklus II. Pada aspek ketepatan bacaan dengan kaidah bahasa mengalami peningkatan 19% pada siklus I dan 24 44% pada siklus II. Pada kemampuan siswa dalam memahami teks mengalami peningkatan 51 28% pada siklus I dan 54 9% pada siklus II. Disarankan kepada para guru bahasa Arab di sekolah-sekolah untuk terus mengembangkan inovasinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Sehingga bahasa Arab sebagai matapelajaran bahasa asing di sekolah dapat mudah dan menyenangkan untuk dipelajari para peserta didik. Kepada para pimpinan sekolah diharapkan selalu mendukung pengembangan inovasi pembelajaran bahasa Arab. Dan diharapkan kepada para peneliti yang lain untuk dapat melakukan penelitian sejenis agar memperkaya variasi dan inovasi pembelajaran bahasa Arab pada masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11555 |
Actions (login required)
View Item |