A narrative inquiry on reflective practice by EFL teacher educators / Lulu Laela Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

A narrative inquiry on reflective practice by EFL teacher educators / Lulu Laela Amalia

Amalia, Lulu Laela (2019) A narrative inquiry on reflective practice by EFL teacher educators / Lulu Laela Amalia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amalia Lulu Laela. (2019). A narrative inquiry on reflective practice by EFL teacher educators. Disertasi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Prof. Dr. Yaziz Basthomi M.A. (3) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D Kata Kunci Reflective Practice Teacher educators Narrative Inquiry Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pelaksanaan reflective practice (RP) yang dilakukan oleh para pendidik guru di tingkat doktoral selama waktu mereka mengajar secara professional. Lebih lanjut lagi penelitian ini mencoba menjabarkan bagaimana para pendidik guru mengimplementasikan reflective practice yang terlihat jenis refleksi yang dilakukan. Jenis-jenis refleksi yang terlibat dalam penelitian ini adalah reflection on action (RoA) reflection in action (RiA) dan reflection for action (RifA). Reflective practice disebut sebagai bagian penting dari perkembangan professional guru. Dalam sistem pendidikan barat RP mulai berkembang pada sekitar tahun 1980an. Sejalan dengan itu banyak akademisi yang mulai tertarik untuk melaksanakan penelitian dalam bidang ini di berbagai seting dan Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu diantaranya. Reflective practice dipandang sebagai alat dimana mereka yang melakukan hal ini dapat berkembang ke tingkat pemahaman diri dari efek mengajar mereka yang lebih tinggi juga ke pemahaman yang mengarah pada pemberian kesempatan untuk secara profesional berkembang. Walaupun begitu penelitian tentang RP yang dilakukan oleh pendidik guru dalam konteks Indonesia belum begitu banyak diteliti. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif terutama studi naratif dengan menggunakan banyak kasus. Dalam penelitian kualitatif hal yang paling penting adalah keinginan untuk menjabarkan sisi manusia dari setiap cerita. Lebih lanjut lagi studi naratif dideskripsikan sebagai penelitian yang berkaitan dengan pengalaman melalui cerita yang dibagikan oleh orang-orang tentang pengalaman mereka. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan alat narrative frame dan interview. Data dalam penelitian ini terbagi atas data naratif dan data non-naratif. Data yang telah terkumpul dari instrument ini kemudian dikelompokkan kedalam tiga tema yaitu Participants past experience on reflection (RoA) Participants present day experience on reflection (RiA) dan Participants future in reflection (RifA).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui tiga proses tersebut para pendidik guru berhasil dalam melakukan RP yang diimplementasikan secara individu. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa semua pendidik guru yang terlibat dalam penelitian ini adalah adalah reflective practitioner. Setiap orang berefleksi dan melakukan refleksi apakah mereka sadari atau tidak. Lebih lanjut lagi berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat dua jenis pelaku refleksi yaitu mereka yang meyadari bahwa mereka adalah pelaku refleksi dan melakukan proses refleksi dan mereka yang belum menyadari bahwa mereka pelaku refleksi tapi tetap melakukan refleksi di kelasnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115529

Actions (login required)

View Item View Item