Pengembangan model pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui Neuro Linguistik Programming (NLT) pada SLTP di Kota Surabaya / Zahrotun Ni'mah Afif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui Neuro Linguistik Programming (NLT) pada SLTP di Kota Surabaya / Zahrotun Ni'mah Afif

Afif, Zahrotun Ni'mah (2020) Pengembangan model pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui Neuro Linguistik Programming (NLT) pada SLTP di Kota Surabaya / Zahrotun Ni'mah Afif. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Afif Ni mah Zahrotun. 2019. Pengembangan Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Neuro Linguistik Programming (NLP) Pada SLTP di Kota Surabaya. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M.Pd (2) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd M.Si (3) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci model pelatihan kompetensi pedagogik guru NLP SLTP Surabaya Kompetensi pedagogik merupakan salah satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi pedagogik ini termasuk kompetensi yang paling penting harus dikuasai guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian Sari (2013) menjelaskan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh 99 4% terhadap hasil belajar siswa. Sejak tahun 2014 pemerintah Indonesia juga semakin serius dalam mengelola kualitas guru khususnya kompetensi pedagogik dan profesional guru. Namun dari hasil UKG yang dilaksanakan pada tahun 2014-2015 rata-rata nasional kompetensi pedagogik guru hanya mencapai 48 94 dari Standar Kompetensi Minimal (SKM) 55. Hal ini merupakan pukulan berat bagi bangsa Indonesia karena guru merupakan tonggak utama pendidikan. Walau sudah banyak pelatihan terkait peningkatan kompetensi pedagogik guru baik yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui P4TK dan LPMP maupun lembaga pendidikan dari universitas umum perguruan tinggi keguruan baik swasta atau negeri namun permasalahan terkait kompetensi pedagogik guru di Indonesia khususnya di Surabaya tetap menjamur. Penelitian Pengembangan Model Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Neuro Linguistik Programming (NLP) Pada SLTP di Kota Surabaya ini merupakan pengembangan di bidang pendidikan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui NLP yang merupakan hasil interdisipliner dari ilmu psikologi dan ilmu komunikasi kemudian di interdisiplinkan lagi dengan ilmu pendidikan dan disajikan dalam bentuk pelatihan guru. Adapun yang membedakan pelatihan ini dengan pelatihan pedagogik pada umumnya adalah dari sisi materi yang disajikan yang dikombinasikan dengan materi NLP dimana obyek dari NLP ini bukan saja alam sadar manusia tetapi juga alam bawah sadar manusia yang dampaknya dapat mencapai 88% dibandingkan dengan alam sadar manusia yang hanya 12%. Penelitian ini mengadopsi model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983) dengan 10 langkah. Untuk mempermudah proses penelitian maka 10 langkah tersebut peneliti jadikan 3 kelompok yaitu pertama penelitian awal kedua pengembangan produk dan ketiga ujicoba produk. Penelitian awal dimulai dengan wawancara kepada Kasi Pendma Kemenag Kota Surabaya Kabid GTK Dinas Pendidikan Surabaya sampel Kepala Sekolah dan Wakasek baik SMP maupun SLTP. Dilanjutkan dengan pengisian angket oleh para guru-guru SMP maupun SLTP sekaligus dokumentasi berkas terkait. Dari hasil wawancara angket dan dokumentasi tersebut kemudian peneiliti membuat rencana pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru dan dikomunikasikan kembali dengan Kasi Pendma Kemenag Kota Surabaya maupun Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Langkah kedua adalah pengembangan produk yang terdiri dari buku 1 tentang model pelatihan buku 2 tentang perangkat pelatihan dan buku 3 tentang pedoman pelatihan.Pada langkah ketiga yaitu uji produk yang terdiri dari dua langkah yaitu uji validasi ahli dan uji lapangan. Uji validasi ahli terkait produk yang telah dikembangkan dilakukan oleh ahli Pedagogik Prof. Dr. Ismet Basuki M.Pd Ahli Pelatihan Prof. Dr. Daniel M. Rosyid Ph.D M.RINA dan Ahli NLP Surya Kresnanda M.Pd. Hasil validasi ahli ini kemudian direvisi dan siap untuk dilakukan ujicoba lapangan. Uji coba lapangan terdiri dari dua tahap yaitu uji coba skal kecil dan uji coba skala besar. Pada saat uji coba skala kecil dilakukan juga uji reliabilitas uji validitas dan uji normalitas instrumen pre dan post pelatihan. Hasilnya jawaban responden terhadap instrumen pre dan post pelatihan sudah reliabel instrumen pre dan post pelatihan telah memenuhi unsur validitas dan sebaran datanya telah berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan uji empiris produk 1 2 dan 3 yang dilakukan oleh Kasi Pendma Kemenag Kota Surabaya dengan hasil 92 79% untuk produk 1 93 22% untuk produk 2 dan 92 97% untuk produk 3 hal ini menunjukkan bahwa hasil uji empiris produk telah menunjukkan sangat baik. Hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan yang dilakukan oleh peserta pelatihan juga menunjukkan 85 905 % sangat bermanfaat dan puas dari yang diharapkan 100%.Hasil nilai korelasi antara 2 variabel tersebut adalah 0 439 artinya terdapat hubungan kuat dan positif. Sig. Menunjukkan tingkat signifikansi hubungan Hasil 0 014 artinya signifikan pada level 0 01. Sig. (2-tailed) hasil nilai probabilitas/p value uji T Paired adalah 0 000 artinya terdapatperbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Sebab Nilai p value 0 05 (95 % kepercayaan). Dari hasil uji coba skala besar menunjukkan hasil nilai korelasi antara 2 variabel tersebut adalah 0 336 artinya terdapat hubungan kuat dan positif. Sig. Menunjukkan tingkat signifikansi hubungan Hasil 0 001 artinya signifikan pada level 0 01. Sig. (2-tailed) hasil nilai probabilitas/p value uji T Paired adalah 0 000 artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan yaitu ada kecenderungan peningkatan tingkat kompetensi pedagogik guru sesudah perlakuan sebab Nilai p value 0 05 (95 % kepercayaan).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115311

Actions (login required)

View Item View Item