Analisis buku teks bahasa Arab kelas X untuk SMA dan relevansinya dengan kurikulum 2013 / Yuni Nur Ainin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks bahasa Arab kelas X untuk SMA dan relevansinya dengan kurikulum 2013 / Yuni Nur Ainin

Ainin, Yuni Nur (2018) Analisis buku teks bahasa Arab kelas X untuk SMA dan relevansinya dengan kurikulum 2013 / Yuni Nur Ainin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Ainin Yuni Nur. 2018. Analisis Buku Teks Bahasa Arab Kelas X untuk SMA dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd. (II) Dra. Nur Anisah Ridwan M.Pd. Kata Kunci buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 Salah satu buku teks bahasa Arab yang digunakan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA adalah buku Bahasa dan Sastra Arab untuk SMA/MA Kelas X karya Sri Lestari. Buku teks bahasa Arab kelas X adalah salah satu buku yanag digunakan sebagai acuan wajib atau pegangan wajib dalam proses pembelajaran bahasa Arab kelas X di SMA. Dalam penelitian ini Peneliti memilih kelas X SMA karena tingkat ini adalah tingkat awal/dasar dalam jenjang SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesesuaian tema pada buku teks bahasa Arab dengan tema pada kurikulum 2013 (2) mendeskripsikan sistematika isi buku teks bahasa Arab (3) mendeskripsikan kesesuaian kegiatan pada buku teks bahasa Arab dengan kurikulum 2013 dan (4) mengetahui tes pendekatan yang terdapat dalam buku teks bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun data yang diteliti adalah tema materi kegiatan dan pendekatan tes yang terdapat dalam buku teks bahasa Arab kelas X. Sumber datanya adalah buku teks bahasa Arab kelas X untuk SMA. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter. Analisis data dengan cara (1) mengumpulkan data (2) mengklasifikasi semua data (tema materi kegiatan dan tes) (3) Data berupa tema materi dan kegiatan di masukkan kedalam tabel kemudian disesuaikan dengan kurikulum 2013. (4) data tes dalam buku teks dikelompokkan berdasarkan jenis pendekatan .(5) kemudian semua data yang diperoleh ditafsirkan dan disimpulkan. Adapun instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen tambahan berupa tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) seluruh tema pada buku teks bahasa Arab sesuai dengan kurikulum 2013 (2) Sistematika isi buku teks bahasa Arab pada setiap tema disusun dengan urutan apersepsi peta konsep kata kunci kompetensi awal empat keterampilan berbahasa (menyimak berbicara membaca dan menulis) dan dua unsur kebahasaan (kosakata dan struktur bahasa). (3) Kesesuaian kegiatan pada keterampilan mendengar kurang sesuai dengan KD 4 dan keterampilan menulis kurang menggambarkan KD 3. (4) Pendekatan tes yang terdapat dalam buku teks terdiri atas tes diskret tes integratif dan tes pragmatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11516

Actions (login required)

View Item View Item