Persada, Yuris Indria (2020) Pelaksanaan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik kelas IV A SDN Percobaan 1 Kota Malang / Yuris Indria Persada. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Persada Yuris Indria. 2019. Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV A SDN Percobaan 1 Kota Malang. Thesis Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nyoman Sudana Degeng (II) Ery Tri Djatmika R.W.W Kata kunci pendekatan scientific pembelajaran tematik kurikulum 2013 Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 dengan menggunakan Pendekatan Scientific tidak semata-mata mudah diterapkan oleh para guru. Semakin banyak kendala maupun dampak dari perubahan kurikulum ini semakin banyak informasi yang harus diselami lebih dalam. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk melihat lebih dalam pelaksanaan pendekatan scientific yakni pada aspek-aspek (1) perencanaan pembelajaran scientific (2) proses pembelajaran pendekatan scientific (3) evaluasi pembelajaran pendekatan scientific dan (4) kebermaknaan pembelajaran dengan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik Penelitaian ini menggunakan jenis kualitatif dengan jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu studi kasus. Penelitian ini mendiskripsikan secara mendalam tentang kejadian yang sedang diteliti dan diobservasi yakni tentang implementasi pendekatan scientific. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif dari orang dan perilaku yang diamati di dalam kelas. Data yang dikumpulkan meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan penilaian hambatan dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendekatan scientific yang kemudian disajikan dalam bentuk kata-kata. Ada 3 (tiga) teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) teknik observasi (2) teknik wawancara (3) teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan verifikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam pelaksanaan pendekatan scientific dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pada Perencanaan pembelajaran RPP dibuat oleh guru pada saat ada kegiatan GUGUS berlangsung selama 1 (satu) semester. Pada Pelaksanaan Guru mengalami kekurangan alokasi waktu pada materi yang menggunakan media video banyaknya penilaian yang harus dilakukan sehingga guru mengaku kekurangan waktu untuk melakukan penilaian apabila dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Pendekatan Scientific dilaksanakan sesuai dengan RPP. Pada evaluai beliau sering melakukan penginputan setelah pembelajaran sehingga peneliti harus meminta hasil penilaian terlebih dahulu kepada guru. Adapun saran bagi Kepala sekolah harus intens dalam hal memonitor dan melakukan evaluasi pelaksanaan dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kinerja dan pemahaman guru dalam pengimplementasian Kurikulum 2013. Guru hendaknya belajar dan beradaptasi dengan peraturan baru khususnya pendekatan scientific variasi model dan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya mengusahakan workshop tentang pendekatan scientific.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/114823 |
Actions (login required)
View Item |