Pengembangan bacaan teks siswa berdasarkan kriteria SMOG and PIRLS untuk kelas III SD / Ganjar Nurul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bacaan teks siswa berdasarkan kriteria SMOG and PIRLS untuk kelas III SD / Ganjar Nurul Huda

Huda, Ganjar Nurul (2019) Pengembangan bacaan teks siswa berdasarkan kriteria SMOG and PIRLS untuk kelas III SD / Ganjar Nurul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Huda Ganjar Nurul. 2019. Pengembangan Bacaan Teks Siswa Berdasarkan Kriteria SMOG dan PIRLS Untuk Kelas III SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D (II) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed. Kata Kunci Bacaan Teks SMOG PILRS Keterampilan membaca diperlukan untuk memahami isi buku teks. Cakap membaca berpengaruh terhadap hasil belajar sehingga perlu di sesuaikan keterbacaannya. Keterbacaan mempersoalkan tingkat kesulitan atau kemudahan suatu bacaan serta sesuai atau tidaknya bacaan bagi pembaca tertentu. Maka diperlukan pengembangan bahan bacaan untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa. Untuk mengukur tingkat keterbacaan menggunakan kriteria SMOG yaitu formula keterbacaan yang di kelompokkan berdasarkan jenjang usia. Sebuah teks yang baik sebagai bahan bacaan mengacu pada tingkat kesulitan pertanyaan untuk mengetahui kemampuan siswa. Untuk mengukur tingkat pertanyaan dapat menggunakan kriteria PIRLS. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti saat observasi di kelas 3 SD N Tlogowaru 1 pada tanggal 8 - 10 Oktober 2018 terhadap materi tema 3 dan tema 1 Peneliti menemukan teks bacaan untuk kelas 6 menurut kriteria SMOG. Kemudian pada pertanyaan teks membaca memiliki tingkat soal mudah 33 5% sedang 22% tinggi 33 5% dan sempurna 11%. Dari temuan tersebut soal tidak sesuai dengan kriteria PIRLS. Dari hasil observasi tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan teks membaca dengan kriteria SMOG dan PIRLS. Produk yang dikembangkan nanti akan diuji validitas kemenarikan dan keefektifan. Validitas produk dilakukan kesesuaian buku dengan kriteria SMOG dan PIRLS. Validator produk yaitu ahli materi dan ahli bahasa. Hasil berupa angka dan komentar. Uji kemenarikan dilakukan di SDN Mojolangu 2 kepada. 6 siswa. Uji keefektifan dilakukan di SDN Tlogowaru 1 kepada 31 siswa. Hasil nilai validasi oleh ahli materi berdasarkan SMOG dan PIRLS adalah 93 1%. Validasi berdasarkan bahasa dan ilustrasi 84%. Buku masuk dalam kategori sangat valid berdasarkan validator. Hasil uji kemenarikan yang dilakukan di SDN Mojolangu 2 adalah 85 2% dengan kategori sangat menarik. Uji keefektifan produk dilakukan di SDN Tlogowaru 1. Tingkat keefektifan dilihat dari nilai t yang diperoleh lebih besar dari hasil t tabel pada taraf signifikan 0 05. Hasil perhitungan menunjukkan perolehan t hitung yaitu 5 530 dan t tabel menunjukkan hasil 1 696.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114809

Actions (login required)

View Item View Item