Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah untuk pengembangan keterampilan sosial siswa di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen / Achmad Bagus Suprio - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah untuk pengembangan keterampilan sosial siswa di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen / Achmad Bagus Suprio

Suprio, Achmad Bagus (2019) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah untuk pengembangan keterampilan sosial siswa di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen / Achmad Bagus Suprio. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suprio Achmad Bagus. 2019. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah untuk Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen. Tesis. Program studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. (2) Dr. Sutarno M.Pd Kata Kunci Karakter Budaya Sekolah Keterampilan Sosial Salah satu cara mengembangkan keterampilan sosial anak adalah melalui pendidikan karakter yang ada di sekolah. Pendidikan karakter yang dilakukan oleh pemerintah sekarang diwujudkan dalam bentuk program Penguatan Pendidikan Karakter. Berdasarkan observasi-observasi awal di SDN 04 Panggungrejo menunjukkan bahwa adanya keterampilan sosial siswa yang ditunjukkan ketika pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam bentuk budaya sekolah seperti budaya salim salam budaya antre budaya hidup bersih. Keterampilan sosial yang ditunjukkan beragam seperti tanggung jawab jujur dan berkomunikasi. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang pengembangan keterampilan sosial pada pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata aktivitas dan dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas IIIA dan VA serta Guru sebagai informan. Prosedur atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara observasi dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari pertama reduksi data untuk mempermudah memperoleh gambaran tentang hasil pengamatan dengan cara memilah hal pokok sesuai dengan fokus penelitian. Kedua penyajian data untuk mendeskripsikan secara sistematis informasi yang diperoleh dan ditarik kesimpulannya. Ketiga penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi data. Temuan dan hasil yang diperoleh sebagai berikut (1).Kegiatan rutin terdiri dari pembiasaan harian dan pembiasaan mingguan. Pada kegiatan harian ini keterampilan sosial secara umu nampak hal itu ketika menjalankan pembiasaan rutin dengan tertib meskipun tanpa pengawasan dari guru. (2). Kegiatan spontan dilakukan dengan memberikan contoh dan tindakan secara langsung . Keterampilan sosial yang ditanamkan pada kegiatan spontan antara lain sikap empati tanggungjawab dan kerjasama. (3). Kegiatan keteladanan dilakukan dengan pemberian nasihat dan pemberian contoh perilaku baik oleh guru. Keterampilan sosial yang ditanamkan melalui perilaku guru yang dapat dicontoh siswa seperti kedisiplinan saat upacara perilaku tanggung jawab saat kegiatan pembiasaan harian. (4).Kegiatan terprogram merupakan kegiatan yang diprogramkan sekolah sebagai kegiatan yang ditonjolkan di sekolah. keterampilan sosial siswa yang ditanamkan dan dikembangkan adalah kerjasama ketegasan dan tanggung jawab Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial pada siswa sekolah dasar dapat dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan yang ada pada penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114784

Actions (login required)

View Item View Item