Pemahaman pelatih tentang kiasan dasar gerakan pramuka sebagai penguat pendidikan sejarah dan budaya bangsa pada Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Blitar / Rendy Wahyu Satriyo Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman pelatih tentang kiasan dasar gerakan pramuka sebagai penguat pendidikan sejarah dan budaya bangsa pada Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Blitar / Rendy Wahyu Satriyo Putro

Putro, Rendy Wahyu Satriyo (2017) Pemahaman pelatih tentang kiasan dasar gerakan pramuka sebagai penguat pendidikan sejarah dan budaya bangsa pada Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Blitar / Rendy Wahyu Satriyo Putro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putro Rendy Wahyu Satriyo. 2017. Pemahaman Pelatih tentang Kiasan Dasar Gerakan Pramuka sebagai Penguat Pendidikan Sejarah dan Budaya Bangsa pada Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Blitar. Tesis. Jurusan Pendidikan Sejarah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sukamto M.Pd M.Si. (II) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata Kunci Pelatih Kiasan Dasar Gerakan Pramuka Pendidikan Sejarah dan Budaya Bangsa. Sejarah perjuangan bangsa tidak lepas dari peran serta Kepanduan. Setelah masa kemerdekaan Kepanduan disahkan sebagai gerakan pendidikan nasional yang bergerak dalam bidang non-formal dengan nama Gerakan Pramuka. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDKMK) merupakan jantung dari pendidikan kepramukaan dengan kiasan dasar yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa yang berdampingan dengan sistem among. Pelatih Pembina Pramuka merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan kepramukaan sehingga pemahaman mengenai kiasan dasar Gerakan Pramuka sangat menentukan bagaimana penerapan kiasan dasar Gerakan Pramuka dapat berhasil untuk penguatan jati diri bangsa atau tidak. Penerapan yang baik dapat dijadikan sebagai penguat pendidikan sejarah dan budaya bangsa. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang dikaji yaitu (1) Bagaimana pemahaman Pelatih tentang Kiasan Dasar Gerakan Pramuka (2) Bagaimana pemahaman Pelatih tentang pemaknaan Kiasan Dasar Gerakan Pramuka (3) Bagaimana penerapan Kiasan Dasar Gerakan Pramuka sebagai metode pembelajaran sejarah perjuangan dan budaya bangsa Indonesia oleh Korps Pelatih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan 3 teknik yaitu observasi (pengamatan) interview (wawancara) dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data-data yang diperoleh secara bersamaan dan diteliti kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman pelatih mengenai kiasan dasar Gerakan Pramuka secara umum dipahami oleh pelatih pembina lebih condong pada arti kiasan dasar tersebut yaitu simbol atau makna di balik sesuatu yang digunakan sebagai dasar bukan tentang kiasan dasar yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa (2) Pemahaman pelatih tentang pemaknaan kiasan dasar Gerakan Pramuka secara umum memiliki pemaknaan terhadap filosofi-filosofi kebangsaan nilai atau ungkapan simbolik untuk menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme berdasarkan falsafah bangsa dan negara Indonesia yang mendasar dalam bentuk filosofi yang merupakan bagian dari prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan (PDKMK) (3) Penerapan kiasan dasar Gerakan Pramuka sebagai metode pembelajaran sejarah perjuangan dan budaya bangsa Indonesia oleh Korps Pelatih belum tercapai secara maksimal. Hal ini dikarenakan pemahaman pelatih mengenai kiasan dasar dan makna kiasan dasar Gerakan Pramuka juga belum maksimal khususnya pemahaman mengenai kiasan dasar Gerakan Pramuka yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa Indonesia. Kiasan Dasar Gerakan Pramuka yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa sangat menarik dikaji dari berbagai aspek yang belum diteliti oleh peneliti. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu penelitian mengenai efektivitas kiasan dasar Gerakan Pramuka yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa yang berpadu dengan pembelajaran pada pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113831

Actions (login required)

View Item View Item