Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar geografi SMA Negeri 1 Arjasa / Achmad Taher - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar geografi SMA Negeri 1 Arjasa / Achmad Taher

Taher, Achmad (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar geografi SMA Negeri 1 Arjasa / Achmad Taher. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Taher Achmad. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Geografi SMA Negeri 1 Arjasa. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Syamsul Bachri S.Si. M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Group Investigation (GI) Aktivitas Belajar Hasil Belajar Geografi. Permasalahan yang kerap ditemukan dalam pendidikan formal adalah mengenai hasil belajar geografi siswa masih rendah. Pengetahuan siswa tentang materi pelajaran dipandang sangat penting untuk memperbaiki kualitas hasil belajar geografi. Jika pengetahuan siswa tentang pelajaran geografi rendah maka hasil belajar geografi siswa tidak akan tercapai secara maksimal. Rendahnya aktivitas belajar siswa merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Cara mengatasinya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran interaktif dinamis dan menyenangkan. Upaya untuk mengoptimalkan peran serta siswa dalam belajar adalah dengan cara membelajarkan model group investigation (GI). Pembelajaran berbasis penyelidikan merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan untuk memperbaiki aktivitas belajar siswa dan hasil belajar geografi siswa. Berdasarkan permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar geografi (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap aktivitas belajar geografi. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan pretestposttest non-equivalent control group desain. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 SMA Negeri 1 Arjasa. Data didapatkan dari soal pretest dan soal posttest untuk hasil belejar geografi dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dari nilai gain score dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar geografi (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap aktivitas belajar geografi. Nilai hasil belajar geografi dan aktivitas belajar geografi yang diajar dengan model group investigation meningkat secara signifikan dibanding hasil belajar geografi dan aktivitas belajar geografi yang diajar dengan metode konvensional (diskusi). Hal ini disebabkan siswa yang melakukan investigasi dapat memahami materi pembelajaran geografi topik abrasi pantai lebih baik dibanding siswa yang belajar secara konvensional. Saran yang dapat diajukan pertama yakni guru geografi supaya membelajarkan model group investigation terlebih pada pelajaran yang berbasis kontekstual. Model kelompok investigasi dapat digunakan sebagai stimulus aktivitas belajar siswa sehingga diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan hasil belajar geografi dan aktivitas belajar geografi. Kedua yakni peneliti selanjutnya dapat menerepkan model kelompok investigasi pada materi geografi lainnya seperti materi sumber daya alam materi permasalahan lingkungan hidup materi permasalahan kependudukan dan bidang studi lainya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113812

Actions (login required)

View Item View Item