Tathwiru darsi al-'adadi wal ma'dudi kamaddatin ta'limiyyatin / Abdul Aziz Khoiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Tathwiru darsi al-'adadi wal ma'dudi kamaddatin ta'limiyyatin / Abdul Aziz Khoiri

Khoiri, Abdul Aziz (2016) Tathwiru darsi al-'adadi wal ma'dudi kamaddatin ta'limiyyatin / Abdul Aziz Khoiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiri Abdul Aziz. 2015. Pengembangan bahan ajar materi adad ma d 363 d untuk siswa madrasah aliyah (MA) dalam keterampilan menulis. Skripsi jurusan sastra Arab fakultas sastra universitas negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Drs. Moh. Khasairi M. Pd (2) Laily Maziyah M. Pd. Kata kunci bahan ajar pengembangan bahan ajar dan materi adad ma d 363 d. Bahan ajar merupakan salah satu unsur pokok selain media pembelejaran dalam proses pembelajaran. Meteri adad ma d 363 d adalah satu bahan ajar yang ada di dalam kitab-kitab nahwu. Secara umum materi adad ma dud dalam beberapa kitab nahwu seperti jami uad-durus qowaidu al-lughah al-rabiyah disajikan secara global tentang kaidah penulisanya saja tanpa disertai dengan penjelasan dan contoh-contoh yang rinci. Sedangkan menurut hasil pengamatan peneliti belum ada pengembangan bahan ajar adad ma d 363 d khususnya bagi siswa madrasah aliyah (MA). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah pertama untuk menghasilkan bahan ajar meteri adad ma d 363 d bagi siswa madrasah aliayah (MA) dalam keterampilan menulis. Kedua untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar materi adad ma d 363 d bagi siswa madrasah aliyah (MA) dalam keterampilan menulis. Desain penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Ball dan Gall yang meliputi (1) pengumpulan data (2) desain produk yang dikembangkan (3) validasi ahli (4) revisi produk (5) uji coba lapangan dan (6) hasil akhir. Adapun data-data hasil penelitian pengembangan diperoleh dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab di MA dan dari angket yang dibagikan kepada guru bahasa arab dan siswa. Sementara medote analisis data adalah menggunakan prosentasi hasil penelitian. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah materi adad tartibi dan adad hisabi (dari angka satu sampai ratusan). Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan termasuk katagori valid dengan nilai 75% dari hasil validasi ahli meteri. (2) bahan ajar yang dikembangkan termasuk katagori sangant valid dengan nilai 76 7 % dari hasil validasi ahli media nilai 92 5% dari hasil validasi guru mata pelajaran bahasa Arab dan nilai 84 25% dari hasil uji coba pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan di atas maka diharapakan bagi guru dan siswa untuk menggunakan materi yang telah dikembangkan ini dalam pembelajaran tarkib di tingkat madrasah aliyah agar para siswa mampu memahami kaidah-kaidah adad ma d 363 d dalam bahasa Arab serta menerapkanya dalam keterampilan menulis. Di samping itu bahan ajar ini memudahkan bagi guru dalam pembelajaran kaidah adad ma d 363 d. Karena itu sarankan bagi peneliti berikutnya untuk mengembagan bahan ajar ini dengan media lain dan manambah materi-materi yang belum ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11369

Actions (login required)

View Item View Item