Pengembangan media cardthink untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII SMP semester II / Maria Grace Putri Edi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media cardthink untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII SMP semester II / Maria Grace Putri Edi

Edi, Maria Grace Putri (2019) Pengembangan media cardthink untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII SMP semester II / Maria Grace Putri Edi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Edi Maria Grace Putri. 2019. Pengembangan Media Cardthink Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Vii Smp Semester II. Tesis Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PascaSarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd 2. Dr. Sri Untari M.Si Kata Kunci Media Cardthink Partisipasi Aktif Rendahnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu masalah yang perlu diatasi dalam suatu pembelajaran di sekolah. Partisipasi aktif siswa yang kurang disebabkan oleh beberapa hal yaitu kurangnya kegiatan siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran juga karena pembelajaran yang kurang menarik terutama dalam mata pelajaran yang terdapat banyak teori seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Permasalahan tersebut membuat peneliti mengembangkan media cardthink ini agar dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa terutama siswa kelas VII SMPN 1 Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Malang yaitu kelas VII G dan kelas VII H yang dimana partisipasi aktifnya tergolong rendah. Oleh karena itu alternative yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pengembangan media cardthink. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4-D (Four D). Model 4-D merupakan salah satu model yang sering digunakan untuk mengembangkan produk media pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan diartikan sebagai cara ilmiah untuk meneliti merancang memproduksi dan menguji validitas produk yang telah dihasilkan. Hal tersebut merupakan alasan dari pemilihan model 4D karena sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan Media Pembelajaran Cardthink. Model 4D memiliki empat tahap yaitu tahap pendefinisian tahap perancangan tahap pengembangan dan terakhir tahap diseminasi. Media Cardthink untuk siswa kelas VII SMPN 1 Malang dinyatakan valid praktis dan efektif. Kevalidan media cardthink diuji melalui angket kevalidan media dan materi yang diuji oleh vaidator ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh hasil bahwa media cardthink termasuk dalam kategori valid. Persentase kelayakan media yang diperoleh yaitu 95% sedangkan persentase kelayakan materi 92 5%. Hasil uji coba terhadap siswa menunjukan bahwa media cardthink sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan media diperoleh dari hasil persentase uji coba kelompok kecil yaitu 91% dan hasil respon guru 80%. Hasil uji coba terhadap siswa dan berdasarkan penilaian guru menunjukan bahwa media cardthink efektif digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan diperoleh dari persentase lembar observasi partisipasi aktif siswa yaitu 71% sedangkan dari penilaian guru diperoleh 85%. Pengembangan produk media cardthink dalam pembelajaran diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk pengembangan media pembelajaran mata pelajaran PPKn lebih lanjut. Pengembangan produk media cardthink dapat dikembangkan pada materi pembelajaran yang lain seiring majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar hasil produk media pembelajaran lebih berkembang dan dapat meningkatkan kemampuan siswa secara optimal. Penggembangan media ini akan lebih menarik apabila dirancang menggunakan aplikasi online agar siswa bisa mengakses media melalui laptop atau computer

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113542

Actions (login required)

View Item View Item