Penerapan permainan polisi-polisi untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung / Fuadatis Fitriatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan polisi-polisi untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung / Fuadatis Fitriatin

Fitriatin, Fuadatis (2015) Penerapan permainan polisi-polisi untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V MIN Rejotangan Tulungagung / Fuadatis Fitriatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriatin Fuadatis.2015.Penerapan Permainan Polisi-Polisi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MIN Rejotangan Tulungagung .Skripsi JurusanSastra Arab Program S1 PendidikanBahasa Arab. FakultasSastra. UniversitasNegeri Malang.DosenPembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd (2) Dr. Ahmad Munjin Nasih S.pd M.Ag Kata Kunci penerapanpermainan polisi-polisi penguasaan kosakata Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpadasiswakelas V MIN Rejotangan Kabupaten Tulungagung diketahui bahwaselama ini guru mengajar bahasa Arab hanya menggunakanmetodepembelajaranceramah dan hafalan.Guru juga dinilai kurang dalam hal memicu motivasi siswa khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Akibatnya hasil penguasaan kosakata bahasa Arab siswa rendah. Berdasarkan hasil pretes didapatkan hasil bahwa 21 siswa mendapat nilai di bawah KKM (73). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan polisi-polisi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dan mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MIN Rejotangan melalui penerapan permainan polisi-polisi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaanpenelitianiniyaituperencanaan tindakan observasidanrefleksi. Tehnikpengumpulan data yang digunakan adalahwawancara observasi danpemberian tes. Sedangkan aktivitasdalamanalisis datayaitureduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang terkait dengan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dari awal tes sebelum tindakan dan dari tiap tes pada akhir siklus. Rata-rata hasil tes awal pratindakan adalah 60. Rata-rata hasil tes pada siklus I 85 dan rata-rata pada siklus II 87. Dari hasil tes tersebut dapat diketahui peningkatan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dari siklus I ke siklus II. Penerapan permainan polisi-polisi pada pembelajaran kosakata bahasa Arab dilaksanakan dengan sangat baik. Pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan serta hasil belajar siswa meningkat dan dapat mencapai Ketuntasan Belajar Klasikal yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item View Item