Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila kelas X SMA / Anggun Nungki Dwi Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila kelas X SMA / Anggun Nungki Dwi Safitri

Safitri, Anggun Nungki Dwi (2019) Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila kelas X SMA / Anggun Nungki Dwi Safitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Safitri Anggun Nungki Dwi. 2019. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila KELAS X SMA. Tesis Program Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci Ekonomi Pancasila Pembelajaran Ekonomi Simulasi Orientasi yang tumbuh di dalam pribadi setiap Negara merupakan dasar dari dalam suatu perekonomian. Tujuan filsafat dalam suatu system perekonomian dapat berkembang melalui proses orientasi. Saat ini pembelajaran ekonomi moyoritas berisikan ekonomi liberal sehingga berdampak pada berkembangnya system budaya kapitalis.System ekonomi kapitalis yang merupakan ekonomi ke baratan mengajarkan paham individualisme dan liberalisme dimana seseorang akan lebih mengutamakan diri sendiri dan menjadikan sebagai poros dalam pendidikan formal. Paham paham barat di dalam teorinya sudah menjadi patokan untuk pembelajaran ekonomi di Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ekonomi di Indonesia tertuju pada konsep ajaran kapitalis atau bebas. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan pembelajaran ekonomi Pancasila khususnya pada pendidikan formal yang bias menciptakansituasai atau suasana pembelajaran UUD 45 pasal 33 yang dapat mengubah pola piker pla sikap dan pola prilaku dalam memaknai nilai nilai yang terkandung dalam pancasila dan UUD 45 pasal 33. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah dengan pendekatan dan proses pembeljaran secara sistematis untuk mengbah pola pikir sikap dan perilaku berbasis UUD 45 pasal 33 dan menghasilkn produk berupa perangkat pembelajaran Ekonomi Pancasila kelas X untuk memahami memaknai dan menerapkan UUD 45 pasalm 33 ayat 1 dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian Pengembangan ini menggnakan pendekatan Design Based Research (DBR) subjek penelitian ini adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 1 Pagak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk Silabus RPP Buku pedoman Guru dan Buku Pedoman Siswa Kelas X SMA atau Perangkat pembelajaran Ekonomi Pancasila Kelas X SMA. Produk pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekonomi Pancasila ini sudah melalui tahap validasi beberapa tim ahli yakni tim ahli materi sebesar 88 7% untuk buku pedoman guru dan 87 5 % untuk buku siswa yang artinya produk pengembangan peneliti sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selanjutnya penilaian dari ahli desain pembelajaran untuk buku siswa dan buku pedoman guru mendapatkan skor sebesar 81% yang artinya sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi dengan catatan sedikit saran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113142

Actions (login required)

View Item View Item