Pendidikan ekonomi informal dalam budaya masyakarat adat Loona dari perspektif caring economy / Alfridus Mau Manek - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan ekonomi informal dalam budaya masyakarat adat Loona dari perspektif caring economy / Alfridus Mau Manek

Manek, Alfridus Mau (2019) Pendidikan ekonomi informal dalam budaya masyakarat adat Loona dari perspektif caring economy / Alfridus Mau Manek. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mau Manek Alfridus. 2019. Pendidikan ekonomi informal dalam budaya Masyarakat Adat Loona dalam perpektif caring economy. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono SE. M.P Ak. (II) Dr. Hari Wahyono. M.Pd. Kata Kunci Caring Economy Pendidikan Ekonomi Informal Masyarakat Adat Loona. Ekstistensi sebuah budaya sangat tergantung pada proses pendidikan informal yang terdapat dalam sebuah masyarakat. Peran pendidikan informal mejadi penting karena sebagai proses transfer nilai-nilai budaya guna menjaga keseletariannya sekaligus sebagai proses pembentukan sikap dan perilaku masyarakat bagi yang menganut budaya tersebut. Sebuah budaya yang mandiri tidak terlepas dari etika care atau kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sehingga nilai budaya yang ada memiliki andil besar terbentuknya perilaku ekonomi masyarakat. Perilaku ekonomi masyarakat adat cenderung menekankan pada rasa peduli terhadap orang lain yang didasari oleh altruisme. Demikian juga perilaku ekonomi Masyarakat Adat Loona yang menggambarkan kehidupan tentang bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bersifat multi dari segi material sosial budaya dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pendidikan ekonomi informal dan caring economy dalam budaya Masyarakat Adat Loona dengan dua sub fokus yakni bagaimana budaya Masyarakat Adat Loona dilihat dari perspektif caring economy dan bagaimana pendidikan ekonomi informal masyrakat adat Loona dalam menanamkan nilai budaya pada generasi muda dari perspektif caring economy Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekat etnografi. Penelitian Etnografi didasarkan pada asumsi bahwa pengetahuan dari semua kebudayaan memiliki nilai yang sangat tinggi. Makna etnografi adalah untuk membangun suatu pengertian yang sistematik mengenai semua kebudayaan manusia dari perspektif orang yang telah mempelajari kebudayaan tersebut. Subjek penelitian ini adalah Masyarakat Adat Loona yang terdapat di Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur Hasil penetilian ini memperlihatkan budaya masyarakat adat Loona dari perpektif caring economy meliputi adat perkawinan Kawak/Gowol dan Ukon. Sedangkan pendidikan informal dalam menanamkan budaya Masyarakat Adat Loona tercermin dalam proses pembinaan ketika acara Tita mit dan melalui proses pembiasan dengan melibatkan generasi muda secara langsung dalam berbagai kegiatan adat serta pemberian tanggungjawab kepada generasi dalam berjalannya acara adat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113127

Actions (login required)

View Item View Item