Robiatul (2019) Pengaruh discovery learning dipadu jigsaw II terhadap literasi informasi, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar siswa kelas X MAN Bangkalan / Robiatul Adawiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Adawiyah Robiatul. 2019. Pengaruh Discovery Learning Dipadu Jigsaw II terhadap Literasi Informasi Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Bangkalan. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M. Pd. Kata kunci discovery learning dipadu jigsaw II hasil belajar siswa keterampilan kolaborasi literasi informasi Beberapa keterampilan abad ke-21 yang harus dikembangkan oleh siswa yaitu literasi informasi dan kolaborasi. Saat ini literasi informasi masyarakat Indonesia masih rendah karena minat baca yang masih rendah pula. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas X MAN Bangkalan yang masih belum bisa mengevaluasi dan menggunakan informasi dengan baik. Keterampilan kolaborasi siswa kelas X MAN Bangkalan juga belum baik. Hal ini dibuktikan dengan siswa belum bekerja secara produktif belum bisa bekerja sama saat melakukan kerja kelompok dan belum memiliki rasa tanggung jawab bersama dan berkontribusi dengan baik. Hasil belajar siswa pun juga masih berkategori cukup. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu discovery learning dipadu Jigsaw II. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan literasi informasi keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan discovery learning dipadu Jigsaw II discovery learning Jigsaw II dan pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design ini memiliki 1 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan discovery learning dipadu Jigsaw II 2 kelas kontrol positif yang dibelajarkan dengan discovery learning dan Jigsaw II dan kontrol negatif yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas X MIPA 4 X MIPA 3 X MIPA 5 dan X MIPA 6 sebanyak 134 siswa. Data literasi informasi keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji anakova 1 jalur dan dilanjutkan uji LSD. Hasil penelitian memperlihatkan 1) ada perbedaan literasi informasi siswa kelas X MAN Bangkalan yang dibelajarkan dengan discovery learning dipadu Jigsaw II discovery learning Jigsaw II dan pembelajaran konvensional 2) Ada perbedaan keterampilan kolaborasi siswa kelas X MAN Bangkalan yang dibelajarkan dengan discovery learning dipadu Jigsaw II discovery learning Jigsaw II dan pembelajaran konvensional 3) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X MAN Bangkalan yang dibelajarkan dengan discovery learning dipadu Jigsaw II discovery learning Jigsaw II dan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/112725 |
Actions (login required)
View Item |