Pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk pembelajaran membaca tingkat dasar di Lembaga Kursus Bahasa Asing Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang / Ahmad Fahmi Fahrurrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk pembelajaran membaca tingkat dasar di Lembaga Kursus Bahasa Asing Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang / Ahmad Fahmi Fahrurrozi

Fahrurrozi, Ahmad Fahmi (2013) Pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk pembelajaran membaca tingkat dasar di Lembaga Kursus Bahasa Asing Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang / Ahmad Fahmi Fahrurrozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fahrurrozi Ahmad Fahmi 2012. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab untuk Pembelajaran Membaca Tingkat Dasar di Lembaga Kursus Bahasa Asing Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. H. Muhaiban dan Dr. Yusuf Hanafi. M. Fil. I. Kata Kunci pengembangan bahan ajar bahasa Arab pembelajaran membaca. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dalam menentukan materi bahan ajar guru dapat mengadopsi mengadaptasi dan menyusun bahan ajar. Pengembangan materi bahan ajar dengan teknik adaptasi dapat dilakukan dengan mengadaptasi bahan ajar dari sumber-sumber yang sudah ada dengan perubahan seperlunya menurut kebutuhan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Arab bagi siswa tingkat dasar di Lembaga Kursus Bahasa Asing Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang (LKBA PPMH) berupa buku yang teruji kelayakannya. Model pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk siswa tingkat dasar ini mengadaptasi model pengembangan bahan ajar Pannen dan Purwanto (2001). Model pengembangan ini dirumuskan dengan tahapan analisis pendahuluan analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa. Tahap selanjutnya adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyusun draft bahan ajar. Hasil pengembangan diujikan pada ahli di bidang materi media dan pembelajaran. Setelah itu dilakukukan uji lapangan yang melibatkan sepuluh siswa kelas ibtida iy LKBA PPMH. Produk yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah bahan ajar bahasa Arab untuk kemahiran membaca tingkat dasar di LKBA PPMH Malang berupa buku teks. Format bahan ajar bahasa Arab untuk pembelajaran membaca siswa tingkat dasar yang telah dikembangkan terdiri atas (1) cover (sampul) depan (2) sampul dalam (3) sampul belakang (4) pengantar pengembang (5) daftar isi (6) sampul setiap judul yang terdiri atas standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator (7) materi dalam pembelajaran ini terdiri dari lima judul yaitu (a) at ta aruf (b) yaumun fi hayati tholib (c) fi fadhlil basmalah (d) marahilut ta lim fi indunisia dan (e) kam sa ah. dengan tiga segmen kegiatan pembelajaran bahasa Arab yaitu qira ah mufrodat dan tadribat dan (8) daftar kosakata (9) daftar rujukan. Bahan ajar tersebut dikemas dalam satu buku dengan judul Al- Arabiyyah lil Mubtadi in . Hasil validasi yang dilakukan pada uji ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru pada proses belajar mengajar. Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu diharapkan tutor LKBA PPMH mencoba menggunakan produk ini sebagai penunjang dalam mengajar bahasa Arab khususnya pembelajaran qira ah di kelas selain itu produk pengembangan bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai buku pegangan mandiri siswa baik di kelas ataupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item