Purnamasari, Nia Indah (2012) Pengembangan qarshun 'Aji:Bun sebagai media pembelajaran nahwu (I'ra:B) Untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Denanyar Jombang / Nia Indah Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan media Qarshun Aji bun Nahwu (I ra b) Nahwu atau tata bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang patut mendapatkan perhatian yang intensif dari guru pendidik. Untuk menjadikan siswa dapat memahami serta menguasai pola susunan kalimat yang telah dipelajari diperlukan upaya yang terencana. Salah satu upaya untuk mencapainya adalah dengan mengembangkan media Qarshun Aji bun sebagai media pembelajaran Nahwu (I ra b). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses pengembangan media Qarshun Aji bun tampilan produk media Qarshun Aji bun serta cara pemanfaatan media Qarshun Aji bun sebagai media pembelajaran Nahwu (I ra b) siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Pengembangan media ini melalui beberapa tahapan yaitu (1) studi pendahuluan (2) desain produk (3) pengumpulan bahan (4) pengembangan produk (5) validasi yang meliputi uji ahli materi uji ahli media dan uji lapangan dan (6) revisi produk. Pengembangan media Qarshun Aji bun ini menghasilkan satu set media Qarshun Aji bun dengan dua komponen yaitu lingkaran media Qarshun Aji bun dan perekat atau kancing media Qarshun Aji bun. Penggunaan media ini diawali dengan pemberian materi yang diawali dari jenis-jenis kata fi il dan kata isim dengan bantuan contoh-contoh kalimat beserta terjemahannya yang terdapat pada petunjuk penggunaan media. Media ini layak digunakan hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji kevalidan media Qarshun Aji bun oleh ahli media sebesar 75% dan hasil uji kevalidan oleh ahli materi sebesar 90%. Uji lapangan dilaksanakan di MTsN Denanyar Jombang kepada siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran Nahwu. Hasil uji lapangan dari siswa sebesar 84 7% dan hasil dari guru mata pelajaran Nahwu sebesar 85%. Jadi media Qarshun Aji bun dinyatakan valid sebagai media pembelajaran Qarshun Aji bun bagi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti akan mensosialisasikan media Qarshun Aji bun melalui jurnal dan internet. Disarankan kepada guru mata pelajaran Nahwu untuk memanfaatkan media Qarshun Aji bun ini sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam materi Nahwu. Peneliti juga menyarankan kepada pengembang selanjutnya untuk mengembangkan media Qarshun Aji bun dengan menyajikan beberapa tema dalam pembahasan ilmu Nahwu sehingga media tidak hanya digunakan ketika mempelajari materi I ra b saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11213 |
Actions (login required)
View Item |