Eksplorasi penalaran ilmiah dan penguasaan konsep materi fluida statis siswa kelas XI dengan pembelajaran experiential learning di SMAN 4 Blitar / Wienda Ashadarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi penalaran ilmiah dan penguasaan konsep materi fluida statis siswa kelas XI dengan pembelajaran experiential learning di SMAN 4 Blitar / Wienda Ashadarini

Ashadarini, Wienda (2019) Eksplorasi penalaran ilmiah dan penguasaan konsep materi fluida statis siswa kelas XI dengan pembelajaran experiential learning di SMAN 4 Blitar / Wienda Ashadarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ashadarini Wienda. 2019. EksplorasiPenalaranIlmiahdanPenguasaanKonsepMateriFluidaStatisSiswaKelas XI denganPembelajaranExperiential Learning di SMAN 4 Blitar.Tesis. Program Magister PendidikanFisika UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. LiaYuliati M.Pd (2) Dr. Edi Supriana M.Si Kata Kunci experiential learning penalaranilmiah penguasaankonsep fluidastatis Fluida statis merupakan topic fisika yang terkait erat dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mempelajari materi fluida statis siswa mengalami kesulitan dalam menguasai konsep dan memecahkan masalah. Berdasarkan hasil studi pustaka diketahui bahwa masih terdapat konsep-konsep yang kurang tepat dan kesalahan-kesalahan pemikiran terkait tekananhidrostatis hukum Pascal dan Hukum Archimedes yang dialami oleh siswa. Hasil studi lapangan di SMAN 4 Blitar menunjukkan bahwa siswa masih mengalami permasalahan terkait materi fluida statis. Selain itu siswa jarang diajak melakukan eksperimen di laboratorium dan perangkat elektronik seperti LCD proyektor jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan penalaran ilmiah yang dialami siswa setelah diberikan model pembelajaranExperiential Learning serta pengaruh model Experiential Learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa materi fluida statis dengan menggunakan embedded mixed method design. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 pada materi fluida statis. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIA-3 yang terdiri dari 36 siswa. Penguasaan konsep siswa dilihat melalui hasil belajar dengan menggunakan soal berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Penalaran ilmiah dianalisis sesuai dengan pola-pola yang ada menggunakan rubrik. Berdasarkan perhitungan diperoleh peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengalami pembelajaran Experiential Learning masuk dalam kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0 87. Sedangkan untuk peningkatan penalaran ilmiah siswa yang mengalami pembelajaran Experiential Learning masuk dalam kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0 78.Hasiluji d-effect size menunjukkan bahwa pembelajaran fluida statis dengan menggunakan model Experiential Learning memberikan pengaruh terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa. Kekuatan pembelajaran Experiential Learning terhadap penguasaan konsep siswa masuk dalam kategori efek kuat dengan nilai d sebesar 1 99. Sedangkan kekuatan pembelajaran Experiential Learning terhadap penalaran ilmiah siswa termasuk dalam kategori efek kuatd engan nilai d sebesar 2 27. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learningdapat membantu siswa mengkonstruk konsep-konsep yang benar pada materi fluida statis dengan lebih mudah karena menggabungkan antara pengalaman yang dimilikid engan keadaan didunia nyata sehingga penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111770

Actions (login required)

View Item View Item