Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan / Siti Mutmainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan / Siti Mutmainah

Mutmainah, Siti (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan / Siti Mutmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

semuanya. ABSTRAK Mutmainah Siti. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI Bahasa I MAN Lamongan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Muhaiban. Ibnu Syamsul Huda S.S MA. Kata kunci TPS keterampilan berbicara MAN Lamongan. Pembelajaran berbicara bahasa Arab sering kali kurang menarik kurang merangsang partisipasi siswa dan bersuasana kaku sehingga kegiatan berbicara kadang-kadang menjadi fakum. Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan masih rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai bagi siswa. Guru dituntut lebih kreatif dalam penyampaian materi baik dari metode pembelajaran maupun model-model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang fungsional untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model TPS dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan dan (2) proses peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menerapakan pembelajaran kooperatif model TPS pada siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan. Penelitian ini dilakukan di MAN Lamongan pada bulan September sampai Nopember tahun pelajaran 2009/2010 pada saat pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas XI Bahasa I MAN Lamongan.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) tes. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument utama. Peneliti secara langsung terlibat dalam kegiatan pengumpulan penyelesaian serta penganalisisan data penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan dimulai sejak pengumpulan data sampai penyusunan laporan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa melalui trianggulasi yaitu membandingkan antara hasil observasi wawancara dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Arab dengan pembelajaran kooperatif model TPS dilakukan dengan menyiapkan RPP lembar observasi guru dan siswa rubrik penilaian keterampilan berbicara rubrik penilaian aspek afektif dan psikomotorik. Kemudian pelaksanaannya disesuaikan dengan RPP yang telah disusun. Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model TPS mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS i dalam pengajaran bahasa Arab dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi kepala sekolah agar menjadikan pembelajaran kooperatif model TPS sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Karena dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa dan siswa tidak hanya memperoleh kecakapan akademik saja akan tetapi juga kecakapan sosial. Bagi guru pengajar diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme dan kualitas PBA dengan menciptakan inovasi model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa untuk diterapkan dalam KBM yang akan dilaksanakan. Sedangkan untuk peneliti yang mengadakan penelitian sejenis diharapkan lebih memperluas cakupannya dengan mengembangkan materi yang diajarkan dan dengan waktu yang lebih lama sehingga hasil penelitian jauh lebih sempurna yang nantinya bisa dijadikan masukan bagi guru-guru bahasa Arab untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item