Pengaruh pemanfaatan media papan flanel terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV SDI Surya Buana Malang / Retno Indah Setyorahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media papan flanel terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV SDI Surya Buana Malang / Retno Indah Setyorahayu

Setyorahayu, Retno Indah (2010) Pengaruh pemanfaatan media papan flanel terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV SDI Surya Buana Malang / Retno Indah Setyorahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyorahayu Retno Indah. 2008. Pengaruh Pemanfaatan Media Papan Flanel terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IV SDI Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Hanik Mahliatussikah S.Ag M.Hum. (2) Dra. Hj. Nur Anisah Ridwan M.Pd. Kata Kunci media papan flanel prestasi belajar Pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di SDI Surya Buana Malang masih bersifat teksbook dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan sebatas kartu kata sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mudah bosan. Sebagian besar siswa tampak tidak berkonsentrasi dalam belajar karena mengantuk mengobrol dengan teman sebangkunya dan bahkan ada yang berjalan-jalan keluar kelas karena merasa bosan. Untuk mengatasi kondisi tersebut diperlukan adanya strategi alternatif di antaranya pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media papan flanel dengan maksud untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara objektif (1) prestasi belajar bahasa Arab siswa sebelum digunakan media papan flanel (2) rekaman kegiatan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media papan flanel (3) pengaruh pemanfaatan media papan flanel terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV SDI Surya Buana Malang. Adapun rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian diskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan statistik sederhana. Data peningkatan aktivitas belajar siswa setelah memanfaatkan media papan flanel dalam penelitian ini diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi tes wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa kelas IV. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan nilai rata-rata skor tes sebelum tindakan dengan setelah tindakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar bahasa Arab siswa sebelum perlakuan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media papan flannel nilai rata-rata rendah yaitu 56 42 (2) prestasi belajar bahasa Arab meningkat setelah diberikan perlakuan yaitu nilai rata-rata pada siklus pertama 71 42 pada siklus kedua sebesar 85 71 dan pada siklus ketiga sebesar 90 dan (3) pembelajaran bahasa Arab menggunakan media papan flannel berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Arab yang signifikan yang ditunjukkan dengan presentase kenaikan sebesar 11 74%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Arab kepala sekolah jurusan sastra Arab. Bagi peniliti lain dapat dijadikan rujukan dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item View Item