Metode pembelajaran tatabahasa bahasa arab di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Jalal Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Wiwin Muliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran tatabahasa bahasa arab di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Jalal Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Wiwin Muliani

Muliani, Wiwin (2010) Metode pembelajaran tatabahasa bahasa arab di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Jalal Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Wiwin Muliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muliani Wiwin. 2008. Pembelajaran Tatabahasa Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Moh. Khasairi M.Pd (2) Yusuf Hanafi S.Ag M.Fil.I Kata kunci metode pembelajaran tatabahasa bahasa Arab problematika Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Jalal (PPDJ) adalah salah satu lembaga non formal yang memiliki peranan penting dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab khususnya tatabahasanya yang mendapat sorotan dari masyarakat. Penguasaan tatabahasa bahasa Arab terutama penguasaan ilmu nahwu merupakan salah satu kriteria untuk menentukan kualifikasi akademik seorang siswa. Di Madrasah Diniyah PPDJ pengelola madrasah dan dewan guru mengupayakan perbaikan pembelajaran tatabahasa bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahan ajar dalam pembelajaran tatabahasa bahasa Arab teknik pembelajaran serta problematika pembelajaran tatabahasa bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di pondok pesantren Darul Jalal Ampeldento kecamatam Pakis kabupaten Malang. Subyek penelitian ini siswa Tsanawiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung (observasi) wawancara terpimpin angket dan dokumentasi. Dengan keempat teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan. Informan penelitian terdiri atas kepala madrasah guru tatabahasa bahasa Arab dan siswa (santri). Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran tatabahasa bahasa Arab di Madrasah Diniyah PPDJ Malang yaitu kitab klasik yang menyagkut tentang ketatabahasaan bahasa Arab untuk kelas tiga Tsanawiyah kitab yang digunakan adalah nadzaman dan syarah Alfiyah 2) teknik yang digunakan dalam pembelajaran tatabahasa bahasa Arab adalah teknik deduktif dan sebagian kecil menggunakan teknik induktif (3) problematika dalam pembelajaran tatabahasa bahasa Arab dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu rendahnya profesionalisme guru sarana dan prasarana yang kurang memadai. Faktor internal yaitu metode dan teknik yang kurang bervariasi motivasi dan ketidakdisiplinan siswa . Dari hasil temuan penelitian ini disarankan agar (1) guru tatabahasa bahasa Arab diharapkan mampu dalam menentukan tujuan pembelajaran tidak hanya ditetapkan pada pemahaman kitab kuning tetapi juga pemahaman buku keagamaan modern. Hal ini baralasan mengingat dewasa ini banyak buku keagamaan modern yang beredar dan dari substansinya juga sangat berbobot dan kontekstual. Guru juga diharapkan menggunakan teknik yang bervariasi dalam pembelajaran tatabahasa bahasa Arab dengan menggunakan teknik deduktif dan induktif dengan seimbang. Variasi metode dan teknik diharapkan dikuasai oleh guru agar proses pembelajaran tatabahasa bahasa Arab lebih menarik dan diminati oleh siswa untuk mencapai hasil pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan (2)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item View Item