Hayat, Rizal Ekaputra Saepul (2016) Penerapan pembelajaran problem posing berbantuan media animative powerpoint untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 3 Pangkalan Banteng / Rizal Ekaputra Saepul Hayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ekaputra Rizal. 2016. Penerapan Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Powerpoint Animatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pangkalan Banteng. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd. M.Si. KataKunci Pembelajaran Problem Posing Media Powerpoint Animatif Berpikir Kreatif Pelaksanaan pembelajaran di SMPN 3 Pangkalan Banteng umumnya guru menjelaskan materi memberikan contoh soal dilanjutkan dengan mengerjakan soal yang ada di buku atau LKS.Guru masih cenderung berkonsentrasi pada latihan penyelesaian soal rutin dan kurang mengembangkan kemampun berpikir kritis dan kreatif siswa. Guru tidak mengembangkan soal-soal yang menuntut kreativitas siswa kontekstual menuntut penalaran argumentasi dan kreativitas dalam menyelesaikannya. Untuk mengatasinya diperlukan pembelajaran yang sesuai salah satunya adalah dengan pembelajaran problem posing(pengajuan masalah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran problem posing berbantuan media powerpoint animatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswakelas VIII SMPN 3 Pangkalan Banteng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptip kualitatif yang meliputi empat (4) tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIa sebanyak 29 orang di SMP N 3 Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing berbantuan media powerpoint animatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah a) Aperseption and motivation yaitu memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa terkait materi prasyarat yaitu SPLSV b) present information yaitu menyajikan materi SPLDV dengan bantuan mediaanimativepowerpoint c) problem posing activity yaitu mengajukan masalah serta penyelesaiannya berdasarkan konteks terkait materi SPLDV yang diberikan pada LKS d) rolling a problem yaitu saling bertukar soal dengan pasangan kelompok lain serta menyelesaikannya (e) Correcting answers yaitu mengoreksi jawaban dari pasangan atau kelompok lain kemudian memberikan perbaikan apabila terdapat kesalahan (f) Test on the materials yaitu evaluasi untuk mengukur kreativitas berpikir siswa dan penguasaan bahan ajar. Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat cukup signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 20 12% dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif . Begitupun dengan pengusaan siswa terhadap bahan ajar meningkat sebesar 8 97% pada kategori baik . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem posing berbantuan media powerpoint animatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 3 Pangkalan Banteng
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111012 |
Actions (login required)
View Item |