Haryono, Leka Frita Yanuati (2019) Profil pengetahuan konten pedagogik guru matematika pada program linear / Leka Frita Yanuati Haryono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Haryono Leka Frita Yanuati. 2019. Profil Pengetahuan Konten Pedagogik Guru Matematika Pada Program Linier. Tesis Program Studi Pendidikan Matematka Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta M.Si. (2) Drs. Gatot Muhsetyo Kata kunci pengetahuan konten pedagogik program linier Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pengetahuan konten pedagogik guru matematika pada program linier. Profil yang dimaksud yaitu deskripsi pengetahuan konten pedagogik guru berdasarkan pengalaman mengajar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian dilakukan pada kondisi yang alamiah dan peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian dilakukan di SMA satu Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan 1 Surabaya. Proses pelaksanaan penelitian dimulai dari penentuan subyek menggunakan metode purposive sampling yang terdiri atas empat guru matematika yaitu dua guru pemula dengan masa kerja kurang dari sepuluh tahun dan dua guru berpengalaman dengan masa kerja lebih dari 20 tahun. Peneliti kemudian melakukan pengamatan dan dokumentasi pada pelaksanaan pembelajaran program linier. Setelah pengamatan pelaksanaan pembelajaran peneliti melakukan wawancara. Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan profil pengetahuan konten pedagogik guru matematika pemula yaitu guru menjadi pusat informasi pada pembelajaran. Guru pemula dalam mengajarkan materi secara rinci dan mendalam sesuai urutan dalam buku teks. Guru pemula mengalami kesulitan dalam aplikasi program linier soal-soal yang diberikan sesuai dengan yang ada dalam buku teks. Cara guru pemula mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan yaitu dengan menjelaskan kembali materi yang tidak dimengerti memberikan jawaban langsung juga memberikan analogi contoh. Profil pengetahuan konten pedagogik guru matematika berpengalaman yaitu pelaksanaan pembelajaran berpusat pada siswa. Representasi yang diberikan bervariasi. Guru menghubungkan program linier dengan topik ataupun sub unit lainnya dan juga menghubungkan program linier dengan aplikasinya. Guru berpengalaman dapat mengidentifikasi kesalahan peserta didik dan dalam penyelesaiannya guru tidak langsung menjelaskan ataupun memberikan jawaban melainkan menjadi fasilitator dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Fokus guru berpengalaman adalah pada konsep-konsep yang biasanya peserta didik mengalami kesalahan. Guru berpengalaman memberikan peserta didik kebebasan dalam mengemukakan ide-ide berdasarkan pengalaman mereka untuk membangun pengetahuan tentang program linier.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111001 |
Actions (login required)
View Item |