Analisis pola koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun sisi datar ditinjau dari gaya kognitif / Dwi Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pola koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun sisi datar ditinjau dari gaya kognitif / Dwi Kusuma Wardani

Wardani, Dwi Kusuma (2020) Analisis pola koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun sisi datar ditinjau dari gaya kognitif / Dwi Kusuma Wardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wardani Dwi Kusuma. 2019. Analisis Pola Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Koneksi Matematis siswa Bangun ruang sisi datar Gaya Kognitif Koneksi matematis merupakan salah satu dari lima standar proses pembelajaran yang dikenalkan oeh NCTM. Terutama pada geometri koneksi banyak digunakan untuk mengaitkan ide-ide matematis baik antar konsep antar topik diluar geometri maupun dikehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran matematika koneksi berkaitan dengan pemecahan masalah. Sementara proses pemecahan masalah berbeda bergantung pada kemampuan mereka dalam memproses informasi. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola koneksi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen MFFT dan instrumen esai tentang koneksi matematis siswa. Siswa mengerjakan instrumen MFFT untuk mengetahui gaya kognitif mereka. Selanjutnya siswa diminta untuk mengerjakan instrumen esai tentang koneksi matematis yang memuat masalah bangun ruang sisi datar yaitu kubus dan limas persegi. Berdasarkan hasil jawaban tes MFFT dipilih 2 esai siswa dari siswa reflektif dan 2 esai siswa dari siswa impulsif serta melakukan wawancara terkait koneksi matematis dan menanyakan jawaban siswa yang kurang jelas. Hasil keempat jawaban esai siswa dianalisa dan dideskripsikan koneksi matematisnya. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Malang kepada 36 siswa kelas IX. Hasil tes MFFT menunjukkan ada 21 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 11 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Hasil penelitian pada pola koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar yang memiliki gaya kognitif reflektif menunjukkan bahwa siswa mampu mengaitkan konsep antar matematika informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dan konsep matematis dengan masalah kehidupan sehari-hari. Pola koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar yang memiliki gaya kognitif impulsif menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya mampu mengaitkan konsep antar matematika informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dan konsep matematis dengan masalah kehidupan sehari-hari. Umumnya konsep yang mampu dikaitkan oleh siswa dengan gaya kognitif impulsif adalah konsep yang baru saja dipelajari oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait penyusunan soal untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya kognitf reflektif maupun gaya kognitif impulsif. Selain itu guru dapat menyusun pembelajaran matematika yang efektif untuk diterapkan dalam hal peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110996

Actions (login required)

View Item View Item