Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan scaffoldingnya / Maula Alimuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan scaffoldingnya / Maula Alimuddin

Alimuddin, Maula (2020) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan scaffoldingnya / Maula Alimuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alimuddin Maula. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya. Tesis. Program Sudi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abd. Qohar M.T dan (II) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan sistem persamaan linear dua variabel scaffolding Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah adalah kegiatan yang berupa penyelidikan terhadapat kesalahan dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan studi pendahuluan dengan memberikan sebuah soal kepada siswa tentang materi masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika tersebut. Untuk memperbaiki kesalahan siswa tersebut peneliti memilih cara dengan memberikan scaffolding. Scaffolding adalah dukungan atau bantuan dari guru kepada siswa untuk memperbaiki kesalahan siswa dan akan dikurangi bantuan tersebut sedikit demi sedikit sesuai kemampuan yang ditunjukkan oleh siswa agar nantinya dia mampu belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan scaffolding yang sesuai. Oleh karena itu jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tulungagung pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Masalah yang diberikan berupa 2 soal cerita materi masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Subjek penelitian ini dipilih 3 orang siswa SMP kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika rendah sedang dan tinggi serta melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berdasarkan analisis kesalahan menurut Newman. Tehnik penentuan subjek penelitian menggunakan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap membaca masalah siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing. Kemudian pada tahap memahami masalah siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing. Pada tahap mentransformasi masalah siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Pada tahap keterampilan proses siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Selanjutnya pada tahap menuliskan hasil akhir siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Siswa yang mempunyai kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan pada tahap mentransformasi masalah dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Pada tahap keterampilan proses siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Selanjutnya pada tahap menuliskan hasil akhir siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan pada tahap mentransformasi masalah dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Pada tahap keterampilan proses siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 dan level 3 yaitu developing conceptual thinking. Selanjutnya pada tahap menuliskan hasil akhir siswa melakukan kesalahan dibantu dengan scaffolding level 2 dan level 3 yaitu developing conceptual thinking.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110989

Actions (login required)

View Item View Item