Berpikir logis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah induksi matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent / Jurhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir logis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah induksi matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent / Jurhana

Jurhana (2019) Berpikir logis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah induksi matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent / Jurhana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jurhana 2019. Berpikir Logis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Induksi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Rustanto Rahardi M.Si. (2) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci berpikir logis gaya kognitif induksi matematika. Berpikir logis adalah suatu kegiatan berpikir untuk memperoleh suatu pengetahuan menurut suatu pola tertentu atau logika tertentu. Kemampuan berpikir logis adalah kemampuan manusia untuk memperoleh suatu pengetahuan menurut suatu pola tertentu atau logika tertentu. Gaya kognitif adalah cara yang khas memfungsikan kegiatan perseptual yaitu kebiasaan memberikan perhatian menerima menangkap menyeleksi mengorganisasikan stimulus atau informasi dan memfungsikan kegiatan intelektual yaitu menginterpretasi mengklasifikasi mengubah bentuk informasi intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis siswa dalam menyelesaikan masalah induksi matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laboratorium UM Malang. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas XI MIPA 1. Penetapan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada hasil tes gaya kognitif dengan menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT) yang telah valid dan reliabel. Sumber data pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMA Laboratorium UM Malang yang berjumlah 27 siswa dan sumber data untuk analisis berjumlah 4 siswa yang menjadi subjek penelitian. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes GEFT lembar tes induksi matematika petunjuk umum wawancara lembar validasi dan alat rekam. Oleh karena itu data yang diperoleh berupa hasil pekerjaan subjek data hasil wawancara terhadap subjek dan bukti lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah induksi matematika yaitu pada indikator hubungan antar fakta siswa dikategorikan baik dalam melibatkan pemikiran logisnya dan menghubungkan penalaran yang bisa dipahami orang lain walaupun masih terdapat hal-hal yang kurang berdasarkan prinsip induksi matematika. Pada indikator memberi alasan siswa dikategorikan cukup baik dalam memberi alasan-alasan secara jelas dan tepat dalam kerangka maupun materi hal ini dikarenakan siswa kurang mampu menjelaskan beberapa situasi yang dikerjakannya siswa hanya mengandalkan hafalan namun tidak memahaminya dengan baik. Pada indikator kemampuan menyimpulkan siswa dikategorikan kurang baik dalam membuat suatu kesimpulan dengan tepat pada hasil akhir jawaban dikarenakan siswa tidak membuat suatu kesimpulan walaupun siswa mengerti kesimpulan dari apa yang dikerjakannya. Kemampuan berpikir logis siswa bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah induksi matematika yaitu pada indikator hubungan antar fakta siswa dikategorikan baik dalam melibatkan pemikiran logisnya dan menghubungkan penalaran yang bisa dipahami orang lain dikarenakan siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan benar dan tepat. Pada indikator memberi alasan siswa dikategorikan sangat baik dalam memberi alasan-alasan secara jelas dan tepat dalam kerangka maupun materi dikarenakan siswa mampu menjelaskan secara detail seluruh bagian yang dikerjakannya selama menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Pada indikator kemampuan menyimpulkan siswa dikategorikan sangat baik dalam membuat suatu kesimpulan dengan tepat pada hasil akhir jawaban dikarenakan siswa membuat suatu kesimpulan dengan tepat dan siswa mengerti kesimpulan yang diperolehnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110978

Actions (login required)

View Item View Item