Syafitri, Intan (2019) Komunikasi matematis siswa yang mengalami folding back ketika menyelesaikan masalah matematika / Intan Syafitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Syafitri Intan. 2019. Komunikasi Matematis Siswa yang Mengalami Folding Back Ketika Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M.Si (II) Dr. Ir. Hendro Permadi M.Si. Kata Kunci komunikasi matematis folding back penyelesaian masalah Komunikasi merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan siswa untuk menghadapi perkembangan zaman. Pada pembelajaran matematika komunikasi matematis siswa terlihat ketika siswa diminta untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Aktifitas penyelesaian masalah ini membutuhkan pemahaman siswa yang berkaitan dengan pertanyaan masalah untuk menemukan solusi penyelesaian yang tepat. Siswa terkadang menemui kendala ketika menyelesaikan masalah sehingga ia perlu melakukan folding back untuk membangun pemahamannya yang berkaitan dengan pertanyaan masalah. Folding back ini menunjukkan bagaimana proses berpikir siswa yang terlihat melalui komunikasi tulisan dan lisan siswa ketika menyajikan solusi penyelesaian masalah. Oleh karena itu penelitian ini membahas topik tentang komunikasi matematis yang bertujuan mendeskripsikan komunikasi matematis siswa yang mengalami folding back ketika menyelesaikan masalah persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu tes tertulis dan pedoman wawancara semi terstruktur. Penelitian ini melibatkan 4 subjek yang terdiri dari dua subjek dengan kemampuan tinggi dan dua subjek dengan kemampuan sedang. Subjek yang dipilih merupakan subjek yang mengalami folding back ketika menyelesaikan tes tertulis dan diperkuat oleh data hasil wawancaranya. Subjek yang mengalami folding back kemudian dideskripsikan gambaran komunikasi matematisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek mempunyai komunikasi matematis beragam dalam menyampaikan proses folding back yang dialaminya. Subjek dengan kemampuan tinggi secara tertulis menunjukkan respon yang cukup detail pada setiap tahapan penyelesaian masalahnya. Respon tertulis ini hanya berupa perhitungan saja namun dituliskan subjek dengan jelas benar dan terurut sehingga dapat dipahami bagaimana arah berpikir subjek dalam menyelesaikan masalah dan folding back yang dialaminya. Respon ini juga menunjukkan bahwa subjek mengalami beberapa kali folding back secara mandiri ke lapisan primitive knowing dan lapisan image making. Subjek berkemampuan tinggi mampu mengomunikasikan proses dan alasan dilakukannya folding back tersebut dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dapat dipahami oleh lawan bicaranya. Subjek berkemampuan tinggi juga mampu menuliskan respon vii hasil folding backnya dengan tulisan yang jelas dan terurut hingga ditemukannya solusi penyelesaian yang benar dan sesuai dengan pertanyaan masalah. Subjek berkemampuan sedang secara tertulis tidak menunjukkan respon yang detail pada tahapan penyelesaian masalahnya. Subjek menuliskan solusi penyelesaiannya dengan cukup jelas dan terurut walaupun masih terdapat beberapa kesalahan dalam penggunaan rumus persamaan garis dan perhitungan operasi bilangan. Respon ini juga menunjukkan bahwa subjek berkemampuan sedang mengalami folding back ke lapisan primitive knowing dan image making. Folding back ke lapisan primitive knowing dapat dilakukan subjek secara mandiri ataupun melalui intervensi. Intervensi ini terjadi karena subjek kurang teliti ketika menuliskan perhitungan jawabannya. Untuk folding back ke lapisan image making terjadinya setelah adanya intervensi dari peneliti. Subjek dapat memberikan responnya terkait proses folding back yang ia lakukan baik secara mandiri maupun melalui intervensi. Subjek mengomunikasikan responnya ini dengan menggunakan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Hasil dari folding back ini juga dituliskan subjek dengan perhitungan yang jelas dan terurut pada lembar jawabannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110949 |
Actions (login required)
View Item |