Gesture siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika / Rivo Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Gesture siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika / Rivo Pratama Putra

Putra, Rivo Pratama (2019) Gesture siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika / Rivo Pratama Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

V RINGKASAN Putra R. P. Gesture Siswa Bergaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A (II) Dr. Dwiyana M.Pd Kata Kunci Gesture Reflektif Impulsif Gender Memecahkan Masalah Matematika Gesture merupakan alat representasi spontan dan alami yang sering digunakan siswa dan melibatkan kognisi dalam memecahkan masalah matematika dan gaya kognitif reflektif dan impulsif juga mempengaruhi cara berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Gesture dalam penelitian ini merupakan gerakan tangan yang dilakukan untuk mengomunikasikan ide dalam memecahkan masalah matematika secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gesture siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika secara berkelompok. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 21 Malang. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa dengan 2 siswa bergaya kognitif reflektif dan 2 orang siswa bergaya kognitif impulsif yang sebelumnya telah dilakukan tes MFFT. Keempat siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari satu orang siswa bergaya kognitif reflektif dan satu orang siswa bergaya kognitif impulsif. Instrumen adalah lembar tugas kelompok dan pedoman wawancara serta data berasal dari rekaman semua aktivitas siswa ketika menyelesaikan masalah matematika secara berkelompok. Wawancara juga dilakukan untuk melengkapi data tentang gesture yang dilakukan selama memecahkan masalah. Waktu penelitian untuk kelompok 2 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 26 Februari 2019 pada jam mandiri sekolah. Sedangkan untuk kelompok 1 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Februari 2019 juga pada jam mandiri sekolah. Hal ini dilakukan agar peneliti tidak mengganggu jam pelajaran siswa yang terpilih menjadi subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif pada kelompok 1 lebih mendominasi diskusi dan melakukan gesture menunjuk gesture representasional dan gesture menulis sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif pada kelompok 1 tidak melakukan gesture menulis dan hanya cenderung memperhatikan tulisan dari teman diskusinya. Siswa bergaya kognitif reflektif melakukan gesture menunjuk dan gesture menulis untuk membantu dalam memahami masalah. Ketika menyusun rencana siswa bergaya kognitif reflektif melakukan gesture menunjuk gesture menulis dan representasional. Ketika melaksanakan rencana penyelesaian siswa bergaya kognitif reflektif juga melakukan variasi dari ketiga gesture untuk memfokuskan pikiran pada pekerjaan yang sedang dikerjakan dan memudahkan komunikasi dengan siswa bergaya kognitif impulsif. Jadi pada penggunaan gesture siswa reflektif laki-laki dan siswa reflektif perempuan sama-sama lebih banyak dari pada siswa impulsif masing-masing kelompok serta memimpin jalannya diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110947

Actions (login required)

View Item View Item