Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) materi garis dan sudut dengan pendekatan kontekstual yang mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII / Yulia Aviatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) materi garis dan sudut dengan pendekatan kontekstual yang mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII / Yulia Aviatus Sholihah

Sholihah, Yulia Aviatus (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) materi garis dan sudut dengan pendekatan kontekstual yang mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII / Yulia Aviatus Sholihah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Sholihah Yulia Aviatus. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Materi Garis dan Sudut dengan Pendekatan Kontekstual yang Mendukug Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D (II) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata kunci lembar kegiatan siswa garis dan sudut pendekatan kontekstual komunikasi matematis. Saat ini belum banyak Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mendukung komunikasi matematis siswa. Oleh sebab itu perlu dikembangkan bahan ajar yang memuat masalah kontekstual untuk mencapai pembelajaran matematika yang dapat mendukung komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa LKS materi garis dan sudut yang valid praktis dan efektif. LKS yang mendukung kemampuan komunikasi matematis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual yang terdiri dari (1) mengaitkan (relating) (2) mengalami (experiencing) (3) menerapkan (applying) (4) bekerja sama (cooperating) dan (5) mentransfer (transferring). Indikator komunikasi matematis pada penelitian ini adalah (1) memahami atau menafsirkan ide-ide matematis masalah atau situasi secara tertulis (2) mendeskripsikan ide ke dalam model matematika (3) menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan urut dan logis dan (4) menyimpulkan ide atau gagasan secara tulisan dengan menggunakan gambar grafik atau simbol matematika. Subyek uji coba adalah 24 siswi kelas VII B MTs Attaraqqie Malang yang belum menempuh materi garis dan sudut. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp terdiri atas (1) penelitian awal (preliminary research) (2) fase pengembangan (prototyping phase) dan (3) fase penilaian (assessment phase). LKS yang dikembangkan divalidasi oleh 2 validator yang terdiri dari 1 dosen bidang studi matematika Pascasarjana UM dan 1 guru matematika MTs Attaraqqie Malang. Setelah itu LKS diuji cobakan kepada 24 siswi kelas VII B MTs Attaraqqie Malang. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan LKS dan RPP adalah 3 74 dan 3 65 (2) skor kepraktisan LKS yang dilihat dari pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa secara berturut-turut adalah 3 52 dan 3 43 (3) hasil uji kompetensi materi garis dan sudut menunjukkan bahwa sebanyak 87 5% siswa memperoleh nilai di atas KKM yang ditetapkan yaitu 75. Deskripsi tahapan REACT untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa dalam LKS yang dikembangkan yaitu (1) tahapan relating siswa dibimbing untuk menghubungkan berbagai konsep sehingga siswa dapat memahami atau menafsirkan ide-ide matematis masalah atau situasi secara tertulis (2) tahapan experiencing siswa diarahkan untuk menemukan pengetahuan baru sehingga siswa dapat menyimpulkan ide atau gagasan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan (3) tahapan applying siswa diarahkan untuk menerapkan pengetahuan dan pengalamannya untuk vi menyelesaikan suatu masalah (4) tahapan cooperating dan transferring siswa menyelesaikan masalah secara berdiskusi sehingga siswa dapat memahami atau menafsirkan ide-ide matematis masalah atau situasi secara tertulis mendeskripsikan ide ke dalam model matematika menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan urut dan logis dan menyimpulkan ide atau gagasan secara tulisan dengan menggunakan gambar grafik atau simbol matematika. Dengan demikian LKS dengan pendekatan kontekstual yang dihasilkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif serta mendukung kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110916

Actions (login required)

View Item View Item