Na'imah, Siti (2018) Kemampuan siswa field dependent menyelesaikan soal Pythagoras berdasarkan taksonomi SOLO dan pemberian scaffolding / Siti Na'imah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Na imah Siti. 2018. Kemampuan Siswa Field Dependent Menyelesaikan Soal Pythagoras Berdasarkan Taksonomi SOLO dan Pemberian Scaffolding. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. rer.nat. I Made Sulandra M.Si. (2) Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata kunci field dependent Pythagoras taksonomi SOLO scaffolding Kemampuan siswa dalam menerima memahami dan menggunakan materi yang diberikan oleh guru untuk menyelesaikan soal matematika tentu tidak sama. Ditinjau dari gaya kognitifnya siswa field dependent (FD) perlu mendapat perhatian lebih dalam proses belajarnya dikarenakan siswa FD cenderung mengalami kesulitan dalam membedakan stimulus melalui situasi yang dimiliki sehingga upaya pemberian bantuan diperlukan siswa FD yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal khususnya soal Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa FD dalam menyelesaikan soal Pythagoras berdasarkan taksonomi SOLO dengan mengkaji langkah atau proses penyelesaian yang dilakukan siswa FD ketika menjawab soal yang diberikan dan upaya pemberian scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif-kualitatif yang dilakukan di kelas VIII SMP N 13 Malang. Instrumen penelitian terdiri dari Group Embedded Figure Test (GEFT) soal tes 1 soal tes 2 pedoman wawancara dan scaffolding. Pengumpulan data diawali dengan pemberian GEFT untuk menentukan gaya kognitif FD selanjutnya diberikan soal tes 1 untuk menentukan level kemampuan berdasarkan taksonomi SOLO. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa FD yang memilki level unistructural multistructural dan relational. Subjek diberikan scaffolding untuk membantu meningkatkan level kemampuannya kemudian diberikan soal tes 2 untuk melihat level kemampuan yang dicapai setelah pemberian scaffoding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa FD menyelesaikan soal Pythagoras pada level unistructural adalah siswa hanya menggunakan satu informasi yang terkait langsung dengan soal. Siswa tidak mengetahui langkah selanjutnya yang dapat dilakukan menggunakan informasi yang diperoleh hal ini disebabkan karena siswa tidak mengetahui hubungan antara informasi yang diperoleh dengan soal dan informasi lain yang berkaitan. Upaya pemberian scaffolding yang dapat membantu meningkatkan level kemampuan siswa FD dari level unistructural ke level relational adalah reviewing (looking touching and verbalizing prompting and probing) dan restructuring (simplifying the problem) serta developing contextual thinking (developing representational tools generating conceptual discourse). Kemampuan siswa FD menyelesaikan soal Pythagoras pada level multistructural adalah siswa dapat menggunakan beberapa informasi yang diberikan untuk menyelesaikan soal namun tidak bisa menafsirkan atau memaknai kesimpulan yang diperoleh. Upaya pemberian scaffolding yang dapat membantu meningkatkan level kemampuan siswa FD dari level multistructural ke level relational adalah reviewing (looking touching and verbalizing prompting and probing) dan restructuring (simplifying the problem) serta developing contextual thinking (generating conceptual discourse). Kemampuan siswa FD menyelesaikan soal Pythagoras pada level relational adalah dapat menghubungkan informasi-informasi yang diberikan menjadi saling terkait. Namun siswa tidak dapat menggeneralisasi permasalahan ke dalam situasi yang baru dan lebih abstrak. Upaya pemberian scaffolding yang dapat membantu meningkatkan level kemampuan siswa FD dari level relational ke level extended abstract adalah reviewing (looking touching and verbalizing prompting and probing) dan developing contextual thinking (generating conceptual discourse).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110894 |
Actions (login required)
View Item |