Pengembangan bahan ajar becirikan pendekatan saintifik pada materi Persamaan Kauadrat untuk siswa SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Rakhmad Fajar Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar becirikan pendekatan saintifik pada materi Persamaan Kauadrat untuk siswa SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Rakhmad Fajar Wijaya

Wijaya, Rakhmad Fajar (2017) Pengembangan bahan ajar becirikan pendekatan saintifik pada materi Persamaan Kauadrat untuk siswa SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Rakhmad Fajar Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajar Wijaya Rakhmad. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Pendekatan Saintifik Pada Materi Persamaan Kuadrat Untuk Siswa SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si (2) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Kurikulum 2013 bahan ajar pendekatan saintifik model pengembangan 4D Persamaan Kuadrat. Kerangka dasar perubahan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 memberikan petunjuk bahwa proses pembelajaran harus diselenggarakan secara inovatif. Akan tetapi dari hasil observasi terhadap pembelajaran matematika siswa di SMKN 1 Gedangan diperoleh pembelajaran matematika tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif tidak tampak siswa yang mengajukan pertanyaan. Motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Kuadrat juga rendah. Selain itu tampak juga kesulitan siswa dalam menggunakan buku teks pelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan saintifik sebagai sumber belajar alternatif yang mendampingi siswa dalam belajar mengunakan buku teks yang telah di cetak oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses mengembangkan bahan ajar yang valid praktis dan efektif dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Four-D dari Thiagarajan Semmel dan Semmel. Tahap pengembangan ini antara lain (1) pendefinisian (define) (2) perancangan (design) (3) pengembangan (develop). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Gedangan yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Hasil validasi dan uji coba lapangan diperoleh bahan ajar yang valid praktis dan efektif. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi bahan ajar 3 24 validasi RPP 3 11 validasi TPBA 3 17 memenuhi kriteria valid. Skor rata-rata keseluruhan hasil observasi aktivitas guru 3 25 dan Skor rata-rata aktivitas siswa 3 25 memenuhi kriteria kepraktisan dan ditunjukkan pula respon siswa positif hal ini ditunjukkan rata-rata skor angket respon siswa 2 4 dan Penguasaan bahan ajar Baik hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal 85% memenuhi kriteria keefektifan. ABSTRACT Fajar Wijaya Rakhmad. 2017. Development Teaching Materials Using Scientific Approach In The Topic Quadratic Equation For Students of SMK Negeri 1 Gedangan Malang. Thesis Post Graduate Program in Mathematics Education State University of Malang. Advisors (1) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si (2) Dr. Sisworo M.Si. Keywords 2013 curriculum teaching materials scientific approach four-D development model Quadratic Equations. The basic framework of changes in government regulation number 13 in 2015 on the second amendment of Government Regulation number 19 of 2005 gives a hint that the learning process should be organized in an innovative way. However from the results of observation of students mathematics learning in SMK 1 Gedangan obtained mathematics do not provide opportunities for students to be active do not seem the student who asked the question. Motivation to learn and student learning outcomes in Quadratic Equations material is also low. Moreover it appears also student difficulties in using the existing textbooks. This research aims to develop teaching materials using the scientific approach as a alternative teaching materials for student in learn with text book by Ministry of Education and Culture. In addition this research also aims to description how the process of developing a teaching materials which is valid practical and effective using a scientific approach to the topic of quadratic equation. This research is a development that refers to the Four-D model of the development of Thiagarajan Semmel and Semmel. This development phase include (1) define (2) design (3) develop. Subjects tested in this study were students of class X SMK 1 Gedangan totaling 13 students. Data collection techniques used were observation interview and test. The results of the validation and field trials obtained a valid teaching material practical and effective. Based on the data analysis showed that the score of module validity 3.24 validation RPP 3.11 and validation test 3.17 has reached the criteria of valid. The average of theacher activity 3.25 and student activity 3.25 has reached the criteria of practical and then a positive responses from student it appears from the completeness average scor questionnaire 2.4 and the module obtained a good it appears with the result of classical testing 85% has reached the criteria of effective

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110798

Actions (login required)

View Item View Item