Penerapan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa pada materi pecahan kelas VIIB SMP Negeri 10 Sarolangun / Dena Juliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa pada materi pecahan kelas VIIB SMP Negeri 10 Sarolangun / Dena Juliana

Juliana, Dena (2017) Penerapan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif untuk memahamkan siswa pada materi pecahan kelas VIIB SMP Negeri 10 Sarolangun / Dena Juliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juliana Dena. 20015. Penerapan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Manipulatif untuk Memahamkan Siswa pada Materi Pecahan Kelas VII B di SMP Negeri 10 Sarolangun. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Susiswo M.Si Kata kunci Pemahaman Manipulatif Pecahan. Berdasarka hasil observasi awal ditemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami operasi pecahan keadaan ini selalu berulang setiap tahun ke tahun. Dari hasil wawancara pada tanggal 20 januari 2016 dengan seorang guru berinisial BT juga menyatakan hal tersebut bahwa siswa kurang memahami operasi pecahan. Selain itu pengalaman peneliti selama 7 tahun mengajar di SMPN 10 Sarolangun. Siswa selalu melakukan kesalahan dalam operasi pecahan dikarenakan siswa tidak mengingat prosedur konsep dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Banyaknya siswa melakukan kesalahan dalam operasi pecahan di atas peneliti menyimpulkan bahwa siswa sulit dalam menguasai materi pecahan kesulitan tersebut dikarenakan siswa tidak memahami yang sedang dipelajarinya dan tidak mengalami secara langsung hanya berpusat pada guru saja. Pembelajaran yang tepat agar tidak terjadi banyak kesalahan lagi dalam operasi pecahan siswa dilibatkan langsung untuk memecahkan masalah yaitu dengan pembelajaran inkuiri. Dalam pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengeluarkan seluruh kemampuan atau ide-ide untuk mencari dan menyelidiki masalah secara individu maupun kelompok agar pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri ini lebih bermakna dan dipahami siswa pembelajaran ini juga menggunakan media manipulatif berupa blok pecahan (lingkaran yang dibagi beberapa bagian yang sama). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang mengcu pada Kemmis Taggart (2014) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali tindakan dan 1 kali tes akhir siklus. Berdasarkan hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukan kegiatan guru dan kegiatan siswa masing-masing berada dalam katagori baik. Persentase hasil tes akhir siklus I diperoleh siswa yang mendapatkan nilai di bawah 70 adalah 30% dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 6 siswa yang tidak tuntas dari 20 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hal ini ditunjukan dari hasil tes yaitu 19 siswa hanya 3 siswa yang nilainya dibawah KKM (70) atau 84 21% dari jumlah keseluruhan siswa berada dalam katagori tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif dapat memahamkan siswa kelas VII B SMPN 10 Sarolangun Langkah-langkah penerapan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif pada materi pecahan yang dapat memahamkan siswa yaitu 1) orientasi Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan memberi materi prasyarat untuk membangkitkan pengetahuan siswa yang sudah dimiliki 2) merumuskan masalah guru memberikan masalah yang ada pada LKS untuk diselasaikan oleh siswa 3) membuat dugaan meminta siswa menulis jawaban sementara dari menduga-duga dalam LKS yang telah disediakan 4) menguji dugaan meminta siswa mengecek kembali informasi atau jawaban sementara dengan menggunakan media manipulatif berupa blok lingkaran 5) menyajikan hasil siswa mempresentasikan informasi atau data-data yang diperoleh di depan kelas. 6) merumuskan kesimpulan siswa dengan bimbingan guru menarik kesimpulan yang diperolah pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini ada beberapa saran yang dapat disampaikan agar pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa yaitu 1) Bagi guru sebaiknya mempertimbangkan alokasi waktu yang sedikit dan hendaknya mengelola waktu dengan baik 2) Sebelum pembelajaran inkuiri dilaksanakan siswa sebaiknya diberikan sosialisasi tentang pembelajaran inkuiri dan cara berdiskusi dalam pembelajaran matematika 3) Memberi pengawasan pada setiap kelompok agar semua anggota kelompok aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110766

Actions (login required)

View Item View Item