Pengembangan modul pembelajaran barisan & deret bercirikan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis / Dian Shinta Harijani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran barisan & deret bercirikan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis / Dian Shinta Harijani

Harijani, Dian Shinta (2017) Pengembangan modul pembelajaran barisan & deret bercirikan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis / Dian Shinta Harijani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harijani Dian Shinta. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Barisan Deret Bercirikan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M. Sc. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci modul berpikir kreatif open-ended barisan dan deret. Pemecahan masalah merupakan fokus pembelajaran Matematika di sekolah. Dalam konteks matematika berpikir kreatif dipandang sebagai syarat bagi tumbuhnya kemampuan pemecahaan masalah meskipun pemecahan masalah juga dapat menjadi sarana tumbuhnya kreatifitas. Berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dapat digunakan untuk melatih siswa untuk menemukan solusi-solusi original ketika mereka memecahkan masalah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membangun kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan open-ended. Modul pembelajaran barisan dan deret bercirikan open-ended adalah seperangkat bahan ajar yang disajikan secara sistematis dengan menggunakan pendekatan open-ended. Tujuan penyusunan modul pembelajaran ini untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk (1974). Model ini dipilih karena mempunyai tahapan yang sederhana namun jelas sehingga sesuai untuk mengembangkan modul pembelajaran ini. Pada penelitian pengembangan ini tahap disseminate tidak dilakukan karena modul dirancang sesuai kebutuhan di SMA Islam Diponegoro Wagir sehingga modul belum tentu sesuai bila digunakan siswa lain dengan karakteristik yang berbeda. Tahapan pengembangan modul meliputi tahap pendefinisian perancangan dan pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validasi dan uji coba produk. Validasi dilakukan oleh dua orang validator yaitu seorang ahli dan seorang praktisi. Uji coba produk dilakukan di SMAI Diponegoro Wagir subyek uji coba adalah siswa kelas XII.IPA sebanyak 19 siswa dengan guru model adalah guru matematika di kelas tersebut. Modul RPP dan instrumen penelitian yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid yang ditunjukkan dari hasil rata-rata validasi oleh kedua validator. Modul pembelajaran ini memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh (1) hasil pengamatan aktivitas guru oleh kedua observer memenuhi kriteria praktis (2) hasil pengamatan aktivitas siswa oleh kedua observer memenuhi kriteria praktis (3) hasil wawancara terhadap guru model menyatakan secara teoritis modul mudah dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Modul pembelajaran juga memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan oleh (1) Tingkat respon siswa positif (2) nilai ketuntasan kelas pada tes peguasaan hasil belajar 83 33% dan (3) 88 89% siswa memperoleh selisih skor pretest dan posttest tidak kurang dari 20 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110764

Actions (login required)

View Item View Item