Rahayu, Alvina Mardi (2017) Kesalahan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang dan sisi datar / Alvina Mardi Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu Alvina Mardi. 2016. Kesalahan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. Susiswo M.Si. Kata kunci kesalahan koneksi matematis bangun ruang sisi datar Koneksi matematis merupakan hubungan antarkonsep atau antarprinsip di dalam matematika dan di luar matematika. Dengan memiliki kemampuan membuat koneksi matematis pemahaman siswa menjadi lebih mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa SMP Negeri 1 Singosari kelas VIII F. Subjek penelitian tersebut dikelompokkan ke dalam siswa berkemampuan matematis rendah sedang dan tinggi masing-masing terdiri dari 2 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang terdiri dari 2 soal dan wawancara untuk mengetahui kesalahan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar serta penyebabnya.Kesalahan koneksi matematis pada penelitian ini adalah kesalahan dalam (1) hubungan dalam materi bangun ruang sisi datar yaitu untuk soal nomor 1 luas permukaan balok dengan luas permukaan prisma segitiga sedangkan untuk soal nomor 2 volume balok dengan luas permukaan balok (2) hubungan antarmateri dalam matematika yaitu soal nomor 1 bangun ruang sisi datar dengan Teorema Pythagoras sedangkan untuk soal nomor 2 bangun ruang sisi datar dengan perbandingan (3) hubungan matematika dengan ilmu lain yaitu Ekonomi dan Fisika dan kehidupan sehari-hari. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan koneksi matematis dalam satu materi dan antarmateri matematika dilakukan oleh subjek penelitian yang berkemampuan rendah dan sedang.Sedangkan kesalahan koneksi matematis antara matematika dengan ilmu lain dan kehidupan sehari-hari dilakukan oleh subjek penelitian yang berkemampuan rendah sedang dan tinggi.Kesalahan-kesalahan koneksi matematis tersebut antara lain disebabkan salah hitung lupa rumus tidak teliti dan tergesa-gesa dalam membaca dan memahami informasi yang terdapat dalam soal serta dalam memperhatikan gambar kurang memahami konsep-konsep yang terkait salah prosedur tidak mampu menghubungkan konsep-konsep sebelumnya dengan konsep-konsep yang baru kurangnya memahami konsep yang terkait salah mengubah satuan dan kurangnya latihan soal yang bersifat nonrutin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110760 |
Actions (login required)
View Item |