Aulia, Al Aini (2016) Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk membangun pemahaman fungsi komposisi dan fungsi invers pada siswa kelas XI IPA ! SMA Negeri 1 Bolo Bima / Al Aini Aulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aulia Al Aini. 2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Membangun Pemahaman Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bolo Bima. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata Kunci pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pemahaman fungsi komposisi dan fungsi invers Matematika merupakan ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit membosankan dan tidak penting baik dari segi materi maupun maupun pengajaran. Proses pembelajaran yang hanya didominasi guru dan beberapa siswa membuat matematika hanya dihafalkan tanpa dipahami maknanya. Padahal terbangunnya pemahaman konsep pada suatu materi adalah hal yang sangat mendasar dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep bisa terbangun dengan baik jika siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Terlibat aktif dalam proses mencari menemukan dan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan melalui proses kerja sama dan interaksi yang baik dengan guru maupun dengan teman bukan hanya menunggu dan menerima. Pemilihan model pembelajaran yang tepat juga sangat mempengaruhi terbangunnya pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk membangun pemahaman fungsi komposisi dan fungsi invers. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bolo Bima subjek penelitian adalah kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Subjek tersebut dipilih berdasarkan karakteristik siswa yang bisa melakukan kerja sama dalam suatu kelompok tetapi pembelajaran selama ini tidak memberi kesempatan siswa untuk lebih mengembangkan kemampuan dan bakat mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penilaian LKS siswa adalah 80 86 masuk kategori baik dan rata-rata hasil tes akhir siswa mencapai 80 17 masuk kategori baik. Dari akumulasi nilai LKS dan nilai tes siswa diketahui bahwa 28 siswa telah mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 75. Ini menunjukkan bahwa 87 5% siswa telah memenuhi KKM sehingga ketuntasan klasikal tercapai. Berdasarkan observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa yang masing-masing dilakukan oleh 2 observer mendapat skor 97% dan 95% merupakan kategori sangat baik. Berdasarkan auto refleksi yang diberikan pada siswa setiap akhir pembelajaran menunjukkan tanggapan positif siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Hal ini berarti penelitian yang dilaksanakan dikatakan berhasil sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110724 |
Actions (login required)
View Item |