Samsudin, Ahmad Bahrul (2016) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo / Ahmad Bahrul Samsudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Samsudin Ahmad Bahrul. 2016.Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Open-ended untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc (II)Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D Kata Kunci lembar kerja siswa open-ended kreativitas Penelitian pengembangan lembar kerja siswa dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan proses pembelajaran matematika yang kurang menekankan pada melatih kreativitassiswa. Latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan lembar kerja siswa ini adalah karena rendahnya kreativitas siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman. Kesulitan yang mereka hadapi adalah guru tidak bisa melatihkan kreativitas dikarenakan tidak adanya perangkat pembelajaran yang melatihkan kreativitas. Lembar kerja siswa merupakan alat pembelajaran yang cocok untuk melatihkan soal-soal yang meningkatkan kreativitas.Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa matematika berbasis open-ended untuk meningkatkan kreativitas siswakelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman yang valid praktis dan efektif.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri atas 3 fase yaitu (i) Penelitian Awal (Preliminary Research) (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase) dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Pada penelitian awal (preliminary research)aktivitas yang dilakukan pada fase ini meliputi menganalisis kebutuhan dan konteks meninjau literatur mengembangkan kerangka konseptual dan teoritis untuk penelitian. Fase pengembangan (prototyping phase)pada fase ini aktivitas yang dilakukakan adalah merancang LKS beserta instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan meningkatkan kreativitas siswa. Fase penilaian (assessment phase) aktivitas yang dilakukan pada fase ini yaitu menentukan kevalidan produk yang dinilai oleh para ahli dan praktisi minimal berada dalam katagori valid menentukan kepraktisan yang dinilai dari angket respons siswa angket respons preaktisi dan keterlaksanaan RPP yang memiliki tingkat kepraktisan tinggi selanjutnya keefektifan dinilai dari peningkatan kreativitas siswa yang sedang dan tinggi lebih dari 70%. Hasil validasi perangkat yang dilakukan oleh dua validator mendapat nilai LKS sebesar 3 22 hasil kepraktisan perangkat didapat dari lembar penilaian keterlaksanaan RPP sebesar 3 59 angket respons praktisi sebesar 3 57 serta angket respon siswa sebesar 3 55. Dari ketiga skor diperoleh rata-rata skor kepraktisan yaitu sebesar 3 57 artinya LKS memiliki kriteria kepraktisan tinggi.Hasil nilai tes kreativitas 1 dan 2 siswa menunjukkanLKS dapat meningkatkan kreativitas siswa sebesar 101 82 % sedangkan siswa yang peningkatannya sedang dan tinggi sebesar 85 19 %. Dari hasil peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria efektif. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110721 |
Actions (login required)
View Item |