Maula, Ishmatul (2016) Pengembangan bahan ajar matematika bercirikan guided discovery learning pada materi segi empat untuk siswa kelas VII MTs Labbaika Samarinda / Ishmatul Maula. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maula Ishmatul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bercirikan Guided Discovery Learning Pada Materi Segi Empat Untuk Siswa Kelas VII MTs Labbaika Samarinda. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Sudirman M.Si Kata kunci Bahan ajar matematika Guided discovery learning Lks Segi Empat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berupa LKS (Lembar Kegiatan Siswa) bercirikan guided discovery learning yang valid praktis dan efektifdigunakan dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi segi empat dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan Plomp (2010). Model pengembangan ini meliputi tiga tahapan yaitu 1) Preliminary Research 2) Prototyping Phase dan 3) Assessment Phase. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2015 sampai dengan bulan Februari 2016. Penelitian ini melibatkan 3 validator yang terdiri dari 2 dosen pendidikan matematika dan 1 guru matematika dalam melaksanakan uji kevalidan bahan ajar yang dikembangkan. Dalam melakukan uji kepraktisan melibatkan 2 observer yang merupakan guru matematika di MTs Labbaika.Sedangkan dalam pelaksanaan uji keefektifan bahan ajar melibatkansiswa kelas VII A MTs Labbaika Samarinda sebagai subjek uji coba. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas siswa angket respon siswa dan tes penguasaan materi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi aspekkevalidan dengan skor rata-rata 3 40.Hasil kepraktisan diperolehberdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran selama uji coba menggunakanbahan ajar matematika yang dikembangkan. Berdasarkan hasil pengamatan observer bahan ajar matematika yang dikembangkan ini berada pada tingkat kepraktisan tinggi dengan skor rata-rata aktivitas guru 3 92 dan skor rata-rata aktivitas siswa 3 88. Hasil penelitian juga menunjukkan bahan ajar matematika yang dikembangkan memenuhi aspek keefektifan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan 1) hasil analisis aktivitas siswa dan tes penguasaan materi diperoleh 85 29% siswa mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan dan 2) respon siswa positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar matematika bercirikan guided discovery learning dengan skor rata-rata respon kelas 3 35.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |