Kusumawati, Ratih (2015) Komunikasi matematis siswa berdasarkan banyak anggota kelompok diskusi dalam pembelajaran matematika / Ratih Kusumawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumawati Ratih. 2015. Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Banyak Anggota Kelompok Diskusi dalam Pembelajaran Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci komunikasi matematis diskusi berpasangan diskusi kelompok kecil diskusi kelas. Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar matematika. NCTM merumuskan 4 indikator komunikasi matematis yaitu (1) mengorganisasi dan menggabungkan pemikiran matematis melalui komunikasi (2) mengomunikasikan pemikiran matematis secara jelas kepada teman sebaya guru maupun pihak lain (3) menganalisis dan mengevaluasi strategi-strategi dan pemikiran matematis dan (4) menggunakan bahasa matematika untuk menyajikan ide matematis secara tepat.Langkah awal untuk dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa adalah dengan mengamati aktivitas siswa yang mencerminkan komunikasi matematis. Komunikasi matematis akan lebih mudah diamati ketika siswa berdiskusi. Diskusi berpasangan diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas (Dillenbourg 1999) masing-masing memberikan kesempatan yang berbeda pada siswa untukmengomunikasikan ide sendiri maupun menganalisis ide anggota lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa dalam diskusi berpasangan diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas pada pembelajaran matematika. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan (menyusun dan memvalidasi instrumen) tahap pelaksanaan (mengobservasi merekam pembelajaran dan wawancara) dan tahap akhir (menganalisis data dan menyusun laporan). Subjek penelitan adalah 3 siswa kelas 8 SMPN 3 Boja tahun akademik 2014/2015. Dalam diskusi berpasangan siswa sering mengorganisasi ide matematis baik dari frekuensi menyampaikan ide/tanggapan/pertanyaan maupun kesempatan untuk menulis penyelesaian soal diskusi namun ide yang didiskusikan tidak selalu cukup untuk menyelesaikan soaldiskusi siswa juga sering menganalisis dan mengevaluasi strategi dan ide matematis meskipun analisis yang dilakukan siswa kurang tepat.Diskusi kelompok kecil merupakan ukuran ideal bagi siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi dan ide matematis. Namun pada diskusi kelompok kecil siswa dengan kemampuan rendah jarang melakukan aktivitas yang mencerminkan komunikasi matematis. Sedangkan dalam diskusi kelas siswa kurang mengorganisasi ide matematis siswa hanya menanggapi ide atau pertanyaan dan menulis hasil diskusi siswa berlatih mengomunikasikan ide matematis dengan menggunakan bahasa formal dan istilah matematis yang tepat meskipun kesempatan yang diperoleh jarang dan hasil analisis siswa pada akhirnya selalu mendapatkan konfirmasi yang paling tepat karena dibimbing guru dalam mengonfirmasi hasil diskusi. Berdasarkan deskripsi komunikasi matematis siswa padajenis diskusi tersebut diharapkan adanya penelitian lanjutan yang membahas upaya memaksimalkan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110621 |
Actions (login required)
View Item |