Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi trigonometri / Hellda Evanty Ariefia - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi trigonometri / Hellda Evanty Ariefia

Ariefia, Hellda Evanty (2015) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi trigonometri / Hellda Evanty Ariefia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariefia Hellda Evanty. 2015. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Trigonometri. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. Hery Susanto M. Si. Kata kunci proses berpikir penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri berdasarkan empat langkah-langkah penyelesaian masalah Polya yang dikaitkan dengan teori proses berpikir Mason Burton dan Stacey (2010). Berdasarkan pengamatan dan saran dari guru mata pelajaran empat siswa yang terdiri dari dua siswa X1 MIA 1 dan dua siswa X1 MIA 2 terpilih menjadi subjek dalam penelitian ini. Disamping itu subjek harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Masalah yang digunakan untuk mengaji proses berpikir siswa terkait dengan aturan Sinus dan Cosinus. Peneliti mengkaji perkembangan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah pada setiap tahap berikut (1) memahami masalah (2) menyusun rencana (3) menjalankan rencana dan (4) memeriksa kembali. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa proses berpikir berikut ini (specializing (mengkhususkan) generalizing (menggeneralisasi) conjecturing (menduga) dan convincing (menyakinkan)) dapat ditemukan pada setiap tahap penyelesaian masalah. Meskipun tidak semua tahap muncul atau terjadi secara serempak pada setiap tahap penyelesaian masalah. Pada tahap pelaksanaan hanya terdapat satu siswa yang tidak melakukan proses berpikir generalizing. Pada tahap memeriksa kembali hanya dua subjek (S2 dan S3) yang melalui tiga dari empat proses berpikir matematis yaitu specializing generalizing dan convincing dan dua subjek (S1 dan S4) hanya melaksanakan convincing. Berdasarkan temuan peneliti menyarankan kepada guru lainnya untuk memahami proses berpikir matematis dan memberikan bantuan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Bagaimanapun penelitian berikutnya yang menggunakan topik matematika yang sama atau berbeda membutuhkan penggeneralisasian dari hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110583

Actions (login required)

View Item View Item