Hayuhantika, Diesty (2015) Karakterisasi berfikir aljabar siswa kelas VII berdasarkan taksonomi SOLO / Diesty Hayuhantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hayuhantika Diesty. 2015. Karakterisasi Berpikir Aljabaris Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi SOLO. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M. Si (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M. A. Kata Kunci karakterisasi berpikir aljabaris siswa kelas VII taksonomi SOLO Salah satu kemampuan berpikir siswa yang penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah berpikir aljabaris (algebraic thinking). Dengan berpikir aljabaris siswa menggunakan dan mengembangkan berbagai macam strategi kognitif yang diperlukan untuk memahami konsep matematika secara mendalam. Berpikir aljabaris memiliki peranan yang sangat penting pada pembelajaran matematika siswa kelas VII karena menjembatani masa transisi dari aritmetika menuju aljabar. Oleh karena itu informasi tentang kemampuan berpikir aljabaris siswa sangat diperlukan. Kemampuan berpikir aljabaris siswa kelas VII dapat diketahui dari respon siswa terhadap permasalahan generalisasi pola linier. Suatu metode yang efektif untuk menginterpretasikan respon siswa yaitu dengan menggunakan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome). Taksonomi SOLO dapat digunakan untuk mengklasifikasikan respon siswa ke dalam lima tingkat yaitu prestructural unistructural multistructural relational dan extended abstract. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi berpikir aljabaris siswa kelas VII berdasarkan Taksonomi SOLO. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang akan mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir aljabaris siswa yang tercermin pada masing-masing tingkatan Taksonomi SOLO. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas VII yang mengisi kelima tingkatan Taksonomi SOLO yaitu tingkat prestructural unistructural multistructural relational dan extended abstract. Masing-masing tingkat terdiri dari 2 subjek. Data penelitian berupa data lisan dan tertulis diperoleh melalui kegiatan wawancara berbasis tugas dan dianalisis menggunakan teknik analisis metode perbandingan tetap (constant comparative method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakterisasi berpikir aljabaris siswa kelas VII berdasarkan Taksonomi SOLO memenuhi lima tingkatan. Karakteristik masing-masing tingkatan tercermin dari respon masing-masing kelompok subjek terhadap tugas generalisasi pola linear yang disajikan secara kontekstual. Karakterisasi yang dilakukan mengacu pada proses berpikir aljabaris siswa yang dikaji melalui kegiatan eksplorasi penemuan struktur dan pembentukan aturan umum. Adapun karakteristik berpikir aljabaris siswa yang dihasilkan meliputi (1) karakteristik kelompok subjek prestructural yaitu belum menunjukkan keterlibatan secara bermakna dengan keseluruhan proses baik eksplorasi penemuan struktur maupun pembentukan aturan umum (2) karakteristik kelompok subjek unistructural yaitu proses berpikir yang dilakukan oleh subjek meliputi keterlibatan dengan eksplorasi secara sederhana tetapi belum terlibat dalam penemuan struktur dan pembentukan aturan umum (3) karakteristik kelompok subjek multistructural yaitu proses berpikir yang dilakukan oleh subjek meliputi eksplorasi mulai terlibat dalam penemuan struktur tetapi belum sempurna dan belum terlibat dalam pembentukan aturan umum (4) karakteristik kelompok subjek relational yaitu proses berpikir yang dilakukan oleh subjek meliputi eksplorasi penemuan struktur dan pembentukan aturan umum dan (5) karakteristik kelompok subjek extended abstract yaitu proses berpikir yang dilakukan oleh subjek meliputi eksplorasi penemuan struktur dan pembentukan aturan umum serta penerapan aturan umum yang dihasilkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai informasi tambahan dan acuan untuk menyusun suatu desain pembelajaran bagi siswa kelas VII yang dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir aljabaris siswa pada semua tingkatan berdasarkan Taksonomi SOLO. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan kajian tentang berpikir aljabaris dengan permasalahan pola yang lebih beraneka ragam. Selain itu disarankan pula penelitian yang mengkaji tentang berpikir aljabaris pada aspek-aspek yang lain di luar permasalahan pola atau pada siswa jenjang yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110572 |
Actions (login required)
View Item |