Bachroni, Machrus (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk memahamkan materi dimensi tiga siswa kelas X SMAN 3 Kediri / Machrus Bachroni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bachroni Machrus. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share untuk Memahamkan Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X SMAN 3 Kediri. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Purwanto Ph.D (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif think pair share. Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern memajukan daya pikir serta analisa manusia. Peran matematika dewasa ini semakin penting karena banyaknya informasi yang disampaikan orang dalam bahasa matematika seperti tabel grafik diagram persamaan dan lain-lain. Pembelajaran kooperatif menekankan interaksi antar sesamanya sebagai tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau tugas. Guru hanya menjadi fasilitator di dalam pembelajaran mengarahkan siswa kepada hasil belajar yang akan dicapai dan mengembangkan ide-ide kreatif siswa. 12288 12288 12288 12288 Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat memaksimalkan kerja sama antar siswa dalam kelompok adalah dengan model Think Pair Share . Pembelajarannya diawali dengan siswa berpikir secara individu (Think) kemudian berpasangan (Pair) dan terakhir berbagi (Share). Tujuan dari penggunaan metode Think Pair Share dalam pembelajaran geometri adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Think Pair Share yang dapat memahamkan dimensi tiga dan mengetahui respon siswa terhadap desain pembelajaran Think Pair Share kelas X SMAN 3 Kediri. 12288 12288 12288 12288 Beberapa temuan berhasil ditemukan dalam penelitian ini diantaranya ada siswa yang memberi nama bangun ruang tidak mengikuti aturan diawal pembelajaran sehingga hasil yang diperoleh siswa tersebut berbeda dengan siswa yang lain. Temuan yang lain ada juga siswa yang belum paham tentang bangun bidang empat beraturan dia berpikir bahwa bidang empat beraturan adalah limas segiempat. Akhirnya dari beberapa temuan yang berhasil ditemukan diperoleh hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada konsep jarak dan sudut dalam bangun ruang melalui pembelajaran metode Think Pair Share meningkat dan respon siswa terhadap pembelajaran metode Think Pair Share pada konsep jarak dan sudut dalam bangun ruang dalam penelitian ini positif. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu bagi guru yang ingin menerapkan metode Think Pair Share untuk pembelajaran materi jarak dan sudut dalam bangun ruang hendaknya mempersiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dengan sebaik-baiknya. Selain alat peraga waktu yang dibutuhkan untuk memahami dan mengerjakan LKS saat berpikir sendiri berpasangan dan berbagi hendaknya disesuaikan dengan bobot soalnya sehingga pembelajaran dengan metode Think Pair Share menjadi lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110535 |
Actions (login required)
View Item |