Kartika, Ika (2015) Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi logika matematika di SMAN 1 Angsana Kalimantan Selatan / Ika Kartika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kartika Ika. 2014. Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 1 di SMA Negeri 1 Angsana Materi Logika Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M. Pd. M. A dan (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M. Si Ph. D. Kata Kunci Pembelajaran Kolaboratif Aktivitas Siswa Hasil belajar Berdasarkan studi pendahuluan di kelas X SMAN 1 Angsana diperoleh informasi bahwa pada saat pembelajaran berlangsung aktivitas siswa dalam kelas hanya datang duduk diam dan dengar saja. Selama pembelajaran siswa jarang bertanya kepada guru dan pada saat guru bertanya hanya beberapa siswa saja yang mau menjawab mereka cenderung diam dan menundukan kepala. Kondisi pembelajaran seperti ini menyebabkan pencapaian hasil belajar siswa selama ini masih rendah khususnya pada materi logika matematika. Salah satu upaya agar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang akomodatif bagi peningkatan keterampilan siswa diantaranya kerjasama memecahkan masalah dan menghargai pendapat orang lain sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sosial siswa. Model pembelajaran yang dapat mengakomodir hal tersebut adalah model pembelajaran kolaboratif yang dilandasi oleh paham konstruktivisme. Lima tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran kolaboratif yaitu enggagement eksploration transformation presentation dan reflection. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kolaboratif pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan April Mei 2014 dengan subjek siswa kelas X 1 yang berjumlah 31 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui penilaian tes pada akhir tindakan (Siklus I dan II) sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar aktivitas guru lembar aktivitas siswa dan catatan lapangan. Setelah diterapkannya pembelajaran kolaboratif aktivitas siswa dalam belajar meningkat siswa berani bertanya mengemukakan pendapat mengemukakan ide dan gagasan serta dapat meningkatkan kemampuan siswa yang berkemampuan rendah. Begitupun dengan persentase aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan yaitu sebesar 11 88%. Dimana persentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 82 29% pada kriteria baik menjadi 94 17% pada siklus II pada kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Angsana meningkat setelah dilakukan pembelajaran kolaboratif. Pada akhir tindakan I terdapat 22 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 70 10%. Hasil akhir tindakan II terdapat 27 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 87 10%. Jadi terjadi kenaikan persentase jumlah siswa yang tuntas belajar yaitu sebesar 17% jika dibandingkan dengan tes akhir tindakan I. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110491 |
Actions (login required)
View Item |