Puspitasari, Dyah Ayu (2014) Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan bahan manipulatif fraction sticker untuk memahamkan konsep operasi hitung pecahan pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Singosari / Dyah Ayu Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Puspitasari Dyah Ayu. 2014. Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT) Berbantuan Bahan Manipulatif Fraction Sticker Untuk Memahamkan Konsep Operasi Pecahan pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 3 Singosari. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Abd. Qohar M.T Kata Kunci pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ( NHT) bahan manipulatif fraction sticker operasi pecahan memahamkan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas VIIC proses pembelajaran di kelas adalah guru menerangkan materi memberi contoh soal dan memberi latihan soal sehingga pembelajaran berfokus pada guru (teacher oriented). Selain itu guru belum mengoptimalkan penggunaan bahan manipulatif pada proses pembelajaran. Berdasarkan soal awal yang diberikan peneliti terhadap 25 siswa diperoleh hasil sebanyak 8 siswa melakukan kesalahan konsep dalam menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama. Terkait soal tersebut siswa mengerjakan dengan cara menjumlahkan bilangan pada pembilang dan bilangan pada penyebut. Siswa menganggap cara pengerjaan sama seperti pada pengerjaan operasi bilangan bulat. Hal ini menunjukkan pemahaman konsep operasi pecahan siswa masih rendah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan bahan manipulatif fraction sticker untuk memahamkan konsep operasi pecahan pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Singosari. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tindakan pembelajaran. Pemahaman siswa diperoleh dari hasil tes akhir tindakan dengan kriteria keberhasilan sebesar 75% dari siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Pada tindakan I diperoleh hasil sebesar 66 67% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Pada tindakan II diperoleh hasil sebesar 87 5% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan bahan manipulatif fraction sticker yang dapat memahamkan konsep operasi pecahan pada siswa kelas VIIC yaitu (1) guru menyampaikan materi tujuan pembelajaran dan kegunaan materi dalam kehidupan sehari-hari menggunakan power point (2) guru menyampaikan materi prasyarat dengan mengajukan pertanyaan (3) guru membagi siswa ke dalam 6 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa (4) guru memberi pertanyaan melalui LKS dan membagikan bahan manipulatif fraction sticker (5) siswa berdiskusi mengerjakan LKS dalam kelompok dan guru memantau diskusi masing-masing kelompok dengan memberikan bantuan seperlunya (6) guru menunjuk salah satu nomor dengan undian untuk menentukan siswa yang mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil diskusi kelompok (7) guru membimbing siswa membuat kesimpulan (8) guru memberikan kuis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |