Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis brain gym dengan media manipulatif pada materi himpunan untuk anak berkebutuhan khusus / Nia Wahyu Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis brain gym dengan media manipulatif pada materi himpunan untuk anak berkebutuhan khusus / Nia Wahyu Damayanti

Damayanti, Nia Wahyu (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis brain gym dengan media manipulatif pada materi himpunan untuk anak berkebutuhan khusus / Nia Wahyu Damayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Damayanti Nia Wahyu. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Brain Gym dengan Media Manipulatif pada Materi Himpunan untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Akbar Sutawidjaja M. Ed. Ph. D. (II) Dr. I Nengah Parta M.Si. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Brain Gym Anak Berkebutuhan Khusus Himpunan 12288 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran matematika diperlukan adanya suatu perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Contoh perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). 12288 12288 12288 12288 Media manipulatif merupakan salah satu media pembelajaran matematika untuk materi himpunan. Media manipulatif yang digunakan pada penelitian ini adalah media Tempel Himpunan . Media manipulatif ini berfungsi untuk menyederhanakan konsep yang sulit/sukar dan menyajikan bahan yang relatif abstrak menjadi lebih nyata. 12288 12288 12288 12288 Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan Brain Gym. Gerakan-gerakan ringan dengan permainan melalui olah tangan dan kaki dapat memberikan rangsangan atau stimulus pada otak. Gerakan yang menghasilkan stimulus itulah yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif (kewaspadaan konsentrasi kecepatan persepsi belajar memori pemecahan masalah dan kreativitas) menyelaraskan kemampuan beraktivitas dan berpikir pada saat yang bersamaan meningkatkan keseimbangan atau harmonisasi antara kontrol emosi dan logika mengoptimalkan fungsi kinerja panca indra menjaga kelenturan dan keseimbangan tubuh meningkatkan daya ingat dan pengulangan kembali terhadap huruf dan angka meningkatkan ketajaman pendengaran dan penglihatan mengurangi kesalahan membaca memori dan kemampuan komperhensif pada kelompok dengan gangguan bahasa hingga mampu meningkatkan respon terhadap rangsangan visual. 12288 12288 12288 12288 Selain hal-hal tersebut Brain Gym juga digunakan untuk terapi beberapa gangguan pada anak-anak seperti Hipersensitivitas ADD (Attention Difficulty Disorders) atau gangguan pemusatan perhatian EH (Emotional Handicaps) atau gangguan emosional FAS (Fetal Alcohol Syndrome) atau sindrom bayi dan LD (Learning Disabilities) atau gangguan kemampuan belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uraian tersebut maka dikembangkan perangkat pembelajaran matematika khusus untuk siswa berkebutuhan khusus. pada perangkat ini model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp 2010. Tahap - tahap pengembangan Plomp (2010 15) meliputi (1) preliminary research (penelitian awal) (2) prototyping phase (tahap pengembangan) dan (3) assessment phase (tahap penilaian). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan rekapitulasi hasil validasi uji kepraktisan dan keefektifan setelah uji coba diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran dan instrumen yang disusun telah memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Hal ini berarti perangkat pembelajaran dan instrumen yang telah dibuat adalah valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110436

Actions (login required)

View Item View Item