Penerapan pembelajaran strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman materi peluang pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tarakan / Imam Kusaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman materi peluang pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tarakan / Imam Kusaeni

Kusaeni, Imam (2013) Penerapan pembelajaran strategi REACT untuk meningkatkan pemahaman materi peluang pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tarakan / Imam Kusaeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi REACT Peluang Berdasarkan hasil diskusi dengan guru matematika di SMK Negeri 1 Tarakan dapat disimpulkan bahwa masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep peluang suatu kejadian. Kurangnya pemahaman siswa tersebut akibat dari (a) siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran (b) kegiatan belajar mengajar di kelas masih didominasi oleh guru dan (c) guru hanya terpaku pada metode ceramah.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan upaya untuk menjadikan siswa lebih aktif dan tidak belajar hanya dengan menghafal rumus yaitu dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukanpeneliti untuk meyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran konstektual melalui strategi REACT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tarakan dengan jumlah 33 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar tes format wawancara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan dokumentasi pembelajaran di kelas berupa foto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran strategi REACT yang dapat meningkatkan pemahaman materi peluang pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran strategi REACT dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tarakan pada materi peluang. Prosedur pembelajaran strategi REACT yang diterapkan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu pada tahap awal guru memberikan penjelasan materi prasyarat pada tahap relating guru memberikan permasalahan yang mengaitkan antara materi yang akan dipelajari dengan materi prasyarat atau contoh dalam kehidupan sehari-hari pada tahap experiencing guru memberikan permasalahan yang mengarahkan kegiatan siswa sehingga siswa dapat mengalami sendiri proses membangun pengetahuannya pada tahap applying guru memberikan permasalahan yang penyelesaiannya menggunakan konsep-konsep yang telah dipelajari siswa pada tahap cooperating guru menciptakan kondisi agar siswa dapat saling sharing pendapat pada tahap transferring guru memberikan permasalahan dari konteks berbagai konteks lain pada tahap penutup guru membimbing siswa membuat kesimpulan dan melaksanakan evaluasi.Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah guru matematika yang menerapkan strategiREACT pada materi peluang disarankan menggunakan media pembelajaran dan LKS agar dapat membantu siswa dalam bekerja untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajarinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110336

Actions (login required)

View Item View Item