Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Blitar / Suwarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Blitar / Suwarno

Suwarno (2013) Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Blitar / Suwarno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Problem Creating Kemampuan Berpikir Kreatif Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah dapat mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi intuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen orisinil rasa ingin tahu membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba dan mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah. Kenyataannya banyak dari sekolah-sekolah yang masih kurang memberikan penekanan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 2 Blitar diperoleh informasi bahwa selama ini belum ada upaya khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Sedangkan berdasarkan wawancara dengan beberapa guru matematika diperoleh bahwa materi Teorema Pythagoras merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami siswa. Dengan demikian peneliti mencoba untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Problem Creating pada materi Teorema Pythagoras yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pembelajaran Problem Creating merupakan strategi pembelajaran yang terdiri dari lima tahap yaitu (a) menentukan tujuan pembelajaran matematika (b) menentukan konteks masalah (c) menciptakan masalah (d) mengantisipasi jawaban siswa (e) menerapkan dan merefleksi masalah. Melalui tahap-tahap tersebut pembelajaran Problem Creating berpotensi untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan dapat menyelesaikan masalah Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pengajar dan guru matematika serta teman sejawat sebagai pengamat. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIID sebanyak 28 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) pelaksanaan pembelajaran (2) observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung (3) observasi terhadap kegiatan guru selama melaksanakan pembelajaran Problem Creating (4) analisis terhadap hasil kerja siswa berdasarkan jawaban pada LKS (5) tes tertulis berupa uji kemampuan berpikir kreatif (6) wawancara dengan 4 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil uji kemampuan berpikir kreatif satu orang siswa kategori baik satu orang kategori cukup baik satu orang kategori kurang baik dan satu orang kategori tidak baik. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah Teorema Pythagoras siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Blitar adalah (1) menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu siswa menuliskan rumus Teorema Pytagoras menentukan panjang sisi segitiga siku-siku serta menerapkan rumus Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan soal cerita (2) menentukan konteks masalah yaitu menyampaikan masalah dengan menghitung luas persegi pada sisi segitiga siku-siku (3) menciptakan masalah masalah yang dibuat peneliti diawali dengan soal sederhana yaitu dengan mencari hubungan banyaknya luas persegi pada sisi-sisi segitiga siku-siku sampai pada tahap lebih rumit yaitu mencari pemecahan masalah sehari-hari yang akan meningkatkan siswa untuk berfikir kreatif (4) mengantisipasi jawaban siswa dengan jawaban yang dituliskan siswa peneliti mengantisipasi dengan menciptakan soal berikutnya yang tingkat kesulitannya lebih tinggi (5) penerapan dan refleksi masalah yaitu dengan menerapkan kegiatan pembelajaran problem creating untuk pembelajaran selanjutnya. Selanjutnya pembelajaran problem creating dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras. Dalam mempelajari materi Teorema Pytagoras dengan pembelajaran problem creating agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru untuk 1) Mempertimbangkan kemampuan materi prasyarat siswa sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan 2) Mengadakan penelitian lebih lanjut tentang penerapan pembelajaran problem creating pada siswa dan sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110306

Actions (login required)

View Item View Item