Mubarok, Dziki Ari (2012) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di SMP PGRI 6 Malang / Dziki Ari Mubarok. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Drs.Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D. Kata Kunci Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan berpikir kreatif matematika Berpikir kreatif merupakan hal yang harus dipupuk sejak dini karena berpikir kreatif akan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa menjadi fleksibel lancar dan asli. Hal inilah yang menjadi harapan setiap guru. Oleh karena itu guru juga harus mempunyai kemampuan dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif agar siswa terangsang untuk lebih ingin mengetahui materi senang menanyakan dan berani mengajukan pendapat serta melakukan prcobaan yang menuntut pengalaman baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan subjek siswa kelas VIII D SMP PGRI 6 Malang pada tahun ajaran 2011/2012. Data dikumpulkan dari hasil tes hasil kemampuan berpikir kreatif matematika siswa hasil observasi aktivitas guru hasil observasi aktivitas siswa hasil wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) yang terdiri atas empat langkah yaitu (1) memahami masalah kontekstual (2) menyelesaikan masalah kontekstual (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan (4) menyimpulkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII di SMP PGRI 6 Malang. Sebagai tambahan respon siswa sangat positif terhadap pembelajaran tersebut. Dalam pembelajaran matematika peneliti menyarankan kepada para guru untuk menggunakan pedekatan pendidikan matematika realistik (PMR) agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110265 |
Actions (login required)
View Item |