Herawati, Any (2012) Pembelajaran kooperatif TAI dan game puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 3 Malang / Any Herawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaya M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif TAI motivasi belajar game puzzle pemahaman konsep. Permasalahan dalam pembelajaran dapat disebabkan karena berbagai faktor. Salah satunya adalah motivasi belajar. Motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar sehingga diperlukan metode dan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualized (TAI) dan game puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep fungsi komposisi dan fungsi invers di SMA Negeri 3 Malang. Pembelajaran tersebut akan meningkatkan motivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan menjawab pertanyaan mengajukan pendapat dan ide kritis lain dalam kelompok dan diskusi kelas. Game puzzle digunakan agar siswa dapat meriview materi dan menerapkan konsep dan prosedur yang telah dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan mix research yang terjadi dalam tiga siklus. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data berupa motivasi belajar dan pemahaman konsep belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif TAI dan game puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika dan pembelajaran tersebut terbagi dalam sembilan tahap yaitu (1) tahap persiapan yang meliputi persiapan materi menentukan skor dasar dan pembentukan kelompok (2) tahap penyajian materi (3) tahap belajar individual (4) tahap belajar kelompok (5) tahap diskusi kelas (6) tahap tes individu (7) penerapan bahan ajar game puzzle (8) tahap penghargaan kelompok dan (9) guru memberi tes akhir (ulangan harian) sesuai dengan kompetensi yang ditentukan. Motivasi belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif TAI dan game puzzle adalah sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini bagi guru matematika yang ingin meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa disarankan untuk menerapkan pembelajaran tersebut sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di sekolah dengan memperhatikan hal-hal berikut (1) bahan ajar game puzzle dibuat lebih bervariasi dan ada relevansi dalam kehidupan siswa (2) Mathematics worksheet dibuat dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa (3) desain alat evaluasi serta bentuk penghargaan disesuaikan dengan karakteristik siswa. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa disarankan melakukan penelitian tindakan dengan mengembangkan penelitian secara bertahap/berkesinambungan yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika sehingga peningkatan kualitas belajar matematika di sekolah dapat terlaksana secara optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110263 |
Actions (login required)
View Item |